Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Batam, Ria Saptarika Lebih Tertarik Berkoalisi dengan PDIP
Oleh : Ahmad Romadi
Sabtu | 07-03-2015 | 16:36 WIB
Ria_Saptarika1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ria Saptarika. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPD-RI dari daerah Kepulauan Riau, Ria Saptarika, mengaku belum menentukan "perahu" untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Batam meskipun ia akui sudah banyak melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai politik. Dari sejumlah komunikasi politik, Ria terkesan lebih tertarik berkoalisi dengan PDIP.

"Kalau bicara hubungan ke partai makin hari makin banyak komunikasi politik yang saya lakukan, namun sampai saat ini belum ada yang resmi hitam di atas putihnya," kata mantan Wakil Wali Kota Batam ini, Sabtu (7/3/2015).

Komunikasi dengan partai politik yang ia sebutkan di antaranya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Parttai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan ia juga mengaku sudah menjalin dengan mantan partainya dahulu yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dengan Partai Hanura, ia jelaskan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kepri, Amir Hakim, sudah menawakan hubungan koalisi dalam pilkada Batam. Namun karena proses pemilihan masih jauhm belum ada kata kesepakatan yang mengunci dengan Hanura.

Selain itu saat disinggung komunikasinya dengan Partai Demokrat apakah ada kemungkinan akan maju bersama Wakil Wali Kota Batam saat ini, Muhammad Rudi, Ria mengaku belum bicara sampai sejauh itu. Namun ia katakan dip artai politik, apapun bisa terjadi.

Sedangkan komunikasinya dengan PDIP yang visi misinya nasionalis, menurutnya tidak akan ada masalah jika benar nantinya akan maju dari PDIP. Menurutnya, itu akan saling melengkapi. (Baca: PDIP Buka Pendaftaran Balon Wali Kota Batam Mulai 11 Maret)

"Koalisi yang baik itu sebenarnya memang dua gerbong yang bagus ya, seperti agamis dan nasionalis. Tapi liat nanti gimana hasilnya. Yang jelas, sampai sekarang belum ada partai manapun," kata Ria.

Kemudian untuk PKS yang dulu pernah mengusungnya menjadi calon wali kota, ia sebutkan sampai saat ini tidak ada dorongan khusus apapun. Namun hubungannya dengan pengurus partai masih terjalin dengan baik. Ria juga menjelaskan jika dirinya juga didesak untuk maju dalam pilkada Kepri namun ia lebih fokus dalam Pilkada Batam. (*)

Editor: Roelan