Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Listrik Byarpet, Hotel Furia Tanjungpinang Nyaris Terbakar
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 06-03-2015 | 14:08 WIB
kebakaran furia.jpg Honda-Batam
Dua unit mobil pemadam kebakaran siaga di depan Hotel Furia. (Foto: Charles/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hotel Furia di Jalan Merdeka Tanjungpinang nyaris terbakar pada Jumat (6/3/2015) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Kejadian ini membuat tamu hotel panik dan dievakuasi keluar.

Manajemen Hotel Furia mengatakan kejadian nyaris terbakarnya hotel itu disebabkan byarpet-nya listrik PLN di Tanjungpinang, yang memaksa pembangkit di hotel yang dirancang secara otomatis, hidup dan mati seketika. 

"Menjelang siang tadi listrik mendadak mati dan hidup kembali. Kondisi ini membuat genset yang kita setting memang otomatis, mengalami kerusakan serta mengeluarkan asap, akibat salah satu kabelnya terbakar," salah satu staf hotel yang enggan disebutkan namanya.

Dia mengatakan tamu sempat panik, terutama mereka yang terjebak selama beberapa menit di dalam lift.

‎"Sekitar 10 menit tamu terjebak di dalam lift baru bisa kita keluarkan. Sedangkan untuk menangani genset yang sudah berasap, kita minta sebagian karyawan menghubungi pemadam kebakaran untuk antisipasi," kata dia lagi.

Beruntung, pemadam kebakaran yang dihubungi langsung turun ke Hotel Furia, guna membantu dan memadamkan api yang saat itu sudah membakar sejumlah kabel genset.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Kota Tanjungpinang, Agus Riauwadi, mengatakan terjadinya kebakaran pada kabel mesin genset, kemungkinan disebabkan terbakarnya salah satu kabel, akibat listrik yang tidak stabil. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan, yang terbakar hanya bagian kabel mesin, yang menyebabkan asap pekat, sebelum akhirnya genset dimatikan," jelas Agus.

Pelaksanaan pemadaman, tambah Agus sudah dapat ditangani dengan menyemprotkan racun api kepada kabel genset yang terbakar. 

Editor: Dodo