Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPS Batam Akan Data Kembali Warga Tak Mampu
Oleh : Ahmad Romadi
Sabtu | 28-02-2015 | 17:46 WIB
rudi_wawako_batam-batik.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Rudi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam akan mendata dan mensurvei warga Kota Batam untuk mendata kembali warga yang kurang mampu di Batam. Rencananya, pendataan tersebut dilakukan mulai Juni 2015 mendatang.

Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, selama ini sering terjadi kesalahan dalam pendataan masyarakat penerima program bantuan subsidi pemerintah karena pendataan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah daerah hanya melibatkan perangkat RW dan RT.

Menurutnya, kenyataannya di lapangan selama ini banyak data yang salah terkait masyarakat yang berhak menerima bantuan subsidi pemerintah. Warga yang seharusnya menerima tidak terdata sehingga prosedur pendataan dan pendekatannya harus diubah.

"Dalam pendataan nanti akan melibatkan mahasiswa untuk datang ke rumah warga," kata Rudi, Sabtu (28/2/2015).

Dengan adanya pendataan ini, warga diminta memberikan data yang benar agar valid dan tepat sasaran sehingga masyarakat yang tergolong tidak mampu atau miskin bisa menerima program bantuan subsidi pemerintah.

Selain itu, kata Rudi, mengacu pada pendataan BPS tersebut akan ada lima program yang dikhususkan untuk membantu masyarakat miskin, yaitu untuk raskin, bedah rumah (RTLH), BPJS Kesehatan, Program Proda dan sembako murah. (*)

Editor: Roelan