Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peminat Ponsel Android Terus Meningkat
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-12-2010 | 14:01 WIB

Jakarta, batamtoday - Persaingan industri telepon seluler kian memanas. Setelah pasar dikejutkan dengan beredarnya BlackBerry, kini pasar ponsel diperkirakan akan diramaikan dengan ponsel berbasis Android. Ponsel bersistem operasi Android tampak mulai populer di tahun ini.

Menurut data yang dilansir International Data Corporation Bidang Telekomunikasi (IDCBT), Kamis (16/12/2010), ponsel Android diprediksi bisa mencuri tujuh persen dari total pangsa pasar ponsel yang ada di Tanah Air. Meski masih di bawah 10 persen, angka itu cukup membawa angin segar bagi perkembangan pasar ponsel Android.

"Pada kuartal tahun ini, ponsel Android hanya bisa meraih pasar sebesar 2,4 persen. Sementara di kuartal kedua, pangsa pasarnya naik menjadi 2,7 persen. Dan diperkirakan akhir 2010, ponsel itu mampu meraih empat persen pangsa pasar ponsel nasional. Dan jika akhirnya ponsel Android mampu meraih pasar tujuh persen, artinya Android berhasil menempati posisi ketiga menggusur ponsel berbasis Windows Mobile" kutip DCBT.

Sedangkan sebagai penguasa pasar masih dipegang ponsel berbasis symbian, yaitu Nokia yang menguasai pasar sebanyak 67 persen. Selanjutnya disusul ponsel asal Kanada, BlackBerry, yang mampu menguasai pasar sebanyak 23 persen.

Android adalah sistem pengoperasian besutan Google yang sudah ada sejak tahun lalu. Namun Android baru populer belakangan ini. Itu tidak lepas dari banyaknya ponsel-ponsel berbasis Android yang beredar di pasaran. Bahkan kini sudah terbentuk Android Community. Tidak heran jika aplikasi berbasis internet banyak tersedia untuk Android, karena ponsel berbasis sistem Android ini memang cocok untuk pengguna ponsel yang banyak dan perlu mengakses data internet.