Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Pariwisata Kepri Gandeng PT Telkom Promosikan 'Creating Wonderful Kepri'
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 27-02-2015 | 08:17 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus memantapkan strategi pengembangan pariwisata melalui ajang youth, women and netizen Creating Wonderful Kepri 2015 (CWK). Setelah sebelumnya melakukan kerja sama dengan Apple, pelaksanaan kampanye dan promosi kawasan wisata dengan ikon Wonderful Kepri 2015 kembali dilaksanakan dengan PT Telkom Wilayah Riau Kepulauan.

Dukungan itu diperoleh melalui pertemuan Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti, beserta jajaran dan Panitia CWK 2015 bersama General Manager PT Telkom, Eka Setiawan, di Sekupang, Batam, Kamis (26/2/2015).

Menurut Guntur, dengan menggandeng PT Telkom dalam pelaksanan kampanye serta promosi kawasan wisata di Kepri, akan menjadi kekuatan baru untuk menguatkan kampanyenya melalui perangkat teknologi dan komunitas netizen kreatif di berbagai daerah di Tanah Air.

"Dengan kerja sama ini, kami akan semakin optimis ajang CWK ini akan memiliki fasilitasi yang kuat untuk mempromosikan kegiatan ini kesasaran yang tepat, yakni para youth, women dan netizen. Dukungan PT Telkom ini akan menjadi daya dorong untuk mempromosikan kegiatan kreatif ini. Kita memiliki sasaran yang tepat dan menyasar ke komunitas yang tepat sehingga efektif," katanya melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM.

Guntur menilai, PT Telkom memiliki visi kepariwisataan yang kuat dan memiliki peran strategis untuk mengembangkan kepariwisataan dengan kapasitas teknologi informasi yang dipunyai.

"PT Telkom dengan kapasitasnya di bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk ikut berpartisipasi mengembangkan kepariwisataan, karena dunia sekarang adalah dunia teknologi informasi," ujarnya.

Visi ini, kata dia, sejalan dengan harapan Kementrian Pariwisata yang fokus menjadikan kekuatan informasi teknologi menjadi sarana efektif  untuk promosi.

“Dunia teknologi ini, menggerakkan seustau demikian cepat, dan pariwisata juga mesti berkembang dengan cepat kesiapannya, promosinya, sehingga pencapaian target kunjungan bias  tercapai,”katanya.

Sementara itu, General Manager PT  Telkom Wilayah Kepulauan Riau, Eka Setiawan, mengatakan event youth, women and netizen Creating Wonderrful Kepri ini, sangat terkait dengan konsentrasi mereka yang juga memiliki visi yang sama mengembangkan potensi daerah Kepri berbasis teknologi informasi.

"Kami melihat ajang ini sangat  kreatif dan akan menjadi cara untuk mendukung pengembangan daerah Kepri khususnya kepariwisataan. Kita memiliki visi yang sama, dan akan mendukung dari kapasitas kami, yakni yang terkait teknologi informasi dan komunitas netizen kreatif di berbagai daerag di Indonesia," katanya.

Bentuk dukungan riil yang akan diberikan adalah slot informasi melalui program multi media yang mereka punya Usee TV. "Di Usee TV ini, kami memiliki pelanggan tak kurang dari 3 juta orang, cara ini akan menguatkan promosi ajang CWK sehingga bias menyasar publik yang memiliki ketertarikan atas bidang-bidang kompetisi ini menjadi tahu, dari tahu kalau mereka tertarik menjadi ikut," jelasnya.

Selain itu, PT Telkom memiliki komunitas netizen kreatif di berbagai kota di Indonesia, yakni Digital Valley. "Setiap kota memiliki Digital Valley dan memilki anggota komunitas yang rata-rata anak muda, dan sangat awared dengan dunia digital serta kapasitas di bidang-bidang yang akan disasar menjadi peserta kompetisi, mulai dari fotografi, sinematografi, music dan gagasan-gagasan kretaif. Jadi kita membawa CWK ke sarang anak muda kreatif," katanya.

Di Batam, PT Telkom juga memiliki 64 wifi corner yang menjadi fasilitas akses internet bagi para netizen. "Di sini tentu para komunitas sering berkumpul, nah, panitia akan mudah menyasar mereka untuk mempromosikan program ini," katanya. (*)

Editor: Roelan