PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKB Tunjuk Tim 5 Jaring Calon di Pilwako Batam
Oleh : Gokli
Rabu | 25-02-2015 | 16:25 WIB
tim_5_pkb.jpg honda-batam
Ketua DPC PKB Kota Batam, Jefry Simanjuntak bersama Tim 5 yang akan menjaring kandidat dalam Pilwako Batam 2015.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam akhirnya membentuk Tim 5 untuk penjaringan calon yang akan diusung dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwako) bulan Desember 2015. Tim yang merupakan pengurus harian partai itu dibentuk sesuai instruksi Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.

Ketua DPC PKB Kota Batam, Jefry Simanjuntak, dalam konferensi pers di Batam Center, menyampaikan Tim 5 terbentuk setelah internal partai melakukan rapat pleno pada Senin (23/2/2015). Dimana, Tim 5 itu akan bekerja menjaring dan memverifikasi calon yang akan diusung PKB di Pilwako Batam.

Selain menjaring calon, Tim 5, lanjut Jefry, juga yang berwewenang untuk melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Hal ini sesuai dengan instruksi DPP PKB yang dituangkan dalam SK 2336/DPP-03/VI/A-1/II/2015.

"Penjaringan calon, menerima pendaftaran, mengevaluasi dan study kelayakan yang akan diusung serta kominikasi politik dengan partai lain semua melalui Tim 5. Tim sudah bisa bekerja mulai hari ini," kata dia, sembari memberikan SK penugasan kepada Tim 5 sesuai hasil rapat pleno internal PKB, Rabu (24/2/2015) siang.

Ketua Tim 5, Aman yang juga anggota DPRD Batam, menambahkan penjaringan calon yang akan diusung dalam Pilwako Batam meliputi kader dan di luar internal partai. Namun, dipastikan calon yang akan diusung harus memiliki elektabilitas dan kapabilitas yang baik.

"Internal partai diutamankan, tapi di luar internal partai juga bisa. PKB selalu terbuka untuk siapa saja, yang penting visi dan pandangan calon sama dengan partai," jelas Aman.

Mengingat perolehan kursi legislatif PKB yang hanya 7 persen, tentu tak bisa mengusung calon tanpa berkoalisi. Untuk itu, kata Aman, Tim 5 yang dipimpinnya akan melakukan komunikasi politik terbuka terhadap semua partai politik lain.

"Tak ada satu pun partai yang bisa mengusung calonnya sendiri, semua harus berkoalisi. PKB terbuka untuk berkoalisi dan untuk calon di luar internal partai kami memberikan ruang," jelas dia.

Setelah menerima SK, kata Aman, Tim 5 akan mempersiapkan data base perolehan suara legislatif, sosialisasi, dan meneliti calon yang mendaftar. Memang, aku dia, tugas yang mereka emban itu termasuk berat, tetapi sebagai petugas partai Aman dan empat rekannya siap menjalankan semua tugas-tugas itu.

Masih kata Aman, PKB mempunyai pengalaman mengusung calon yang menjadi pemenang Pilkada. Tak menutup kemungkinan, dengan pengalaman itu, Desember 2015 calon yang akan diusung PKB kembali menduduki kursi Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Batam.

"Komunikasi politik kami tidak terikat fraksi dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) maupun Koalisi Merah Putih (KMP). Kami juga punya pengalaman mengusung calon yang menjadi pemenang, untuk itu PKB bukan partai pendukung tetapi pengusung," paparnya.

Dia melanjutkan, hasil penjaringan calon dan komunikasi politik yang dilakukan Tim 5, akan dilaporkan ke DPC yang diteruskan ke DPP. Dari laporan Tim 5, siapa yang akan diusung PKB ditetapkan oleh DPP.

"Calon yang akan direkrut Tim 5 paling sedikit tiga dan paling banyak lima orang. Penentu akhir ditetapkan DPP," tutupnya.

Editor: Dodo