Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alokasi Anggaran Pilkada Hanya Rp 80 Miliar, Pemprov Kepri Janji Tambah di APBD Perubahan
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 25-02-2015 | 10:25 WIB
Sekda_Kepri_Robert_Iwan_Loeroux.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Robert Iwan Lorioux, Sekretaris Daerah Kepri.

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri menyatakan akan menambah alokasi dana pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur dan Bupati pada APBD Perubahan 2015. 

Untuk dana awal, Pemprov Kepri baru mengalokasikan Rp 80 miliar untuk pilkada Gubernur, Wali Kota dan Bupati, yang akan dilaksanakan secara serentak bersama 3 Kabupaten/Kota di Kepri pada Desember 2015 mendatang. 

Robert Iwan Lorioux, Sekretaris Daerah Kepri mengatakan dengan pelaksanaan pilkada serentak, diharapkan alokasi dana dapat dibagi dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten/Kota, sehingga pelaksanaannya dapat dilakukan secara terkoordinasi. 

"Kalau dialokasikan Rp 150 miliar, mungkin tidak bisa dipenuhi dari APBD semua, hingga dana pelaksanaan pilkada ini nanti dapat di-share dari APBD kabupaten/kota juga," jelasnya.

Mengenai pembagian kebutuhan dananya nanti akan disinkronkan mengikuti mekanisme dan aturan pelaksanaan dari PP dan peraturan KPU sebagai petunjuk pelaksanaan serta petunjuk teknis.

"Bagaimanapun karena ini amanat UU, apapun akan kita lakukan untuk pelaksanaan pilkada ini dalam hal pendanaan," ujarnya. 

Sebelumnya, KPU Provinsi Kepri mengajukan tambahan dana penyelenggaraan pilkada sebesar Rp 150 miliar. Dana tersebut, selain untuk pelaksanaan, juga dialokasikan untuk pengawasan dan pengamanan di Bawaslu serta Kepolisian. 

Editor: Dodo