Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengamanan Sidang Kedua Haji Permata Lebih Longgar
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 24-02-2015 | 13:42 WIB
pengamanan sidang kedua haji permata.jpg Honda-Batam
Petugas dari Polres Karimun sedang berjaga-jaga di Pengadilan Negeri Karimun untuk mengawal sidang kedua Haji Permata. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ada yang menarik pada sidang kedua Haji Jum'an alias Haji Permata bin Selo kali ini. Pasalnya, pengamanan yang dilakukan pihak Kepolisian Resor (Polres) Karimun di pengadilan terkesan 'diperlonggar'.

Jika pada sidang pekan kemarin diterjunkan hingga 142 personel gabungan kepolisian, TNI AL dan Bea Cukai yang tersebar di beberapa titik, kali ini pihak kepolisian hanya menerjunkan 12 personel saja. (Polisi Kerahkan 142 Personel Amankan Sidang Perdana Haji Permata di Karimun).

"Untuk cadangannya, kita stand by-kan 50 personil lagi di Mapolres Karimun," terang Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Arifin Sihombing, kepada BATAMTODAY.COM di gedung Pengadilan Negeri Karimun, Selasa (24/2/2015).

Dikatakan, pengamanan kali ini tidak sama dengan pengamanan yang dilakukan padang sidang perdana yang digelar pekan kemarin. "Pada sidang perdana pekan lalu, di samping melatih personel yang masih baru, juga untuk mengantisipasi isu yang berkembang di tengah masyarakat. Namun saat ini, isu tersebut tidak ada. Kendati demikian, kita selalu siaga mengantisipasi segala kemungkinan yang  terjadi," terangnya.

Pantauan di lokasi, aparat Polres Karimun tampak serius namun santai, sembari berjaga di gedung Pengadilan Negeri Karimun itu. Tidak terlihat gambaran ketegangan seperti yang ditunjukkan pada sidang perdana pekan lalu.

Sedangkan agenda sidang lanjutan kali ini yakni  mendengarkan keterangan saksi- saksi sebanyak 6 orang. Keseluruhan saksi berasal dari aparat negara yang bertugas di Kanwil DJBC khusus Kepri,  POMAL, Lanal dan Kepolisian Karimun. (*)

Editor: Roelan