Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menko Kemaritiman Janji Realisasikan Jembatan Babin Jika Sudah Diusulkan Pemprov Kepri
Oleh : Ahmad Romadi
Sabtu | 21-02-2015 | 20:25 WIB
menko_kemaritiman.jpg Honda-Batam
Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, didampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dan Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo, berjanji akan mendorong realisasi pembangunan jembatan Batam - Bintan (Babin) dan persoalan listrik di Provinsi Kepulauan Riau dalam rancangan pembangunan jangka menegah nasional (RPJMN).

Hal itu disampaikan Indroyono di sela-sela peluncuran Jalur Samudra Cheng Ho, di Batam, Sabtu (21/2/2015). "Kalau sudah di usulkan ke dalam RPJMN, saya akan segera mendorong. Tapi kalau tidak dimasukan oleh Pemprov Kepri, ya jangan harap dalam lima tahun ini terbangun," kata Indroyono.

Ia menjelaskan, ada dua jangka rencana pembangunan nasional yakni rencana pembagunan jangka panjang nasional (RPJPN) dan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RJPMN). RPJPN berjangka 25 tahun sedangkan untuk RPJMN berjangka lima sekali dan akan selalu direvisi.

Sementara khusus pembangunan untuk wisata bahari atau pulau terluar, akan menjadi prioritasnya dalam memperjuangkan pembangunan dalam jangka menengah. "Intinya semua tergantung pemprov atau pemko. Kalau dimasukan ke RPJMN, pasti akan saya perjuangkan," katanya.

Menurutnya, sektor pariwisata itu akan maju jika infrastrukturnya maju. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada Pemprov Kepri mengenai apa saja yang bisa mendorong pariwisata sehingga bisa dimasukan ke dalam RJPMN agar bisa ia perjuangkan. (*)

Editor: Roelan