Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Lingga Lantik 269 'Legislator Desa'
Oleh : Nurjali
Senin | 16-02-2015 | 14:46 WIB
pelantikan_bpd_lingga.jpg Honda-Batam
Pelantikan anggota BPD se-Lingga di aula kantor bupati. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Sebanyak 269 anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Lingga dilantik oleh Sekda Lingga, Muhammad Aini, Senin (16/2/2015). BPD hendaknya dapat memberikan semangat baru bagi pemerintahan desa untuk terus bersinergi dalam membangun desa. Selain itu BPD bisa menjalan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baik mungkin.

"Kita harapkan BPD dengan kepala desa yang masih menjabat sekarang dan yang akan terpilih nanti setelah periode selanjutnya dapat bergandengan tangan dalam melakukan pembangunan di desa yang bersangkutan," kata Muhammad Aini saat melantik 269 anggota BPD se-Lingga di aula kantor Bupati Lingga, Daiklingga.

Ratusan pengurus BPD yang dilantik itu merupakan perwakilan 51 dari 75 desa di Lingga.

Aini menjelaskan, BPD merupakan lembaga legislatif di tingkat desa. Pengurusnya juga telah melalui proses pemilihan secara demokratis dengan dipilih langsung oleh masyarakat desa yang dilaksanakan beberapa bulan yang  di lima puluh satu desa dari 75 desa.

"Seperti yang terlihat dari BPD yang terpilih, tampak juga mewakili kaum perempuan. Ini pertanda demokrasi di tingkat desa sudah mulai berjalan dengan adanya persamaan gender ini," kata Aini.

Seteleh dilantik, "legislator tingkat desa" ini akan mempersiapkan melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak yang telah diwacanakan akan dimulai pada pertengahan 2015 ini, antara bulan Juni atau Juli.

"BPD kita harapkan dapat menjadi panutan dalam bekerja dan mengabdilah. Bulatkan tekad serta terus berjuang demi kemajuan desa di Kabupaten Lingga," pesan Aini. (*)

Editor: Roelan