Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pernak-pernik Imlek 'Merahkan' Kawasan Pasar Baru Tanjungpinang
Oleh : CR11
Sabtu | 14-02-2015 | 15:35 WIB
62729_imlek_tahun_baru_cina_300_225.jpg Honda-Batam
Pernak-pernik Imlek.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pernak-pernik Imlek menghiasi pertokoan di kawasan Pasar Baru Tanjungpinang. Hampir semua toko di sepanjang Jalan Pasar menjual aksesoris Imlek yang didominasi warna merah itu.

Aling, salah pemilik Toko Mawar Indah, mengatakan, hiasan-hiasan tersebut sudah menjadi tradisi menjelang Imlek. Bahkan, tokonya yang khusus menjual kosmetik, kali ini ikut meramaikan dagangan Imlek. Begitu juga toko-toko di kawasan itu, katanya.

"Jualnya sudah dari dua minggu lalu. Ini kan menjelang Imlek, orang kita Tionghoa banyak yang cari," ujar Aling kepada BATAMTODAY.COM, di tokonya, Sabtu (14/2/2015).

Berbagai macam pernak-pernik Imlek yang dijual. Ada lampion, boneka teng-long kecil bergambar kambing yang dihiasi dengan warna dan manik-maning, amplop angpao, dan sejumlah bunga-bunga lainnya. Semuanya didominasi warna merah.

"Karena tahun ini adalah tahun kambing, jenis pernak-pernik yang dicari adalah yang bergambar kambing. Ini sesuai dengan kepercayaan kami," jelasnya.

Ling-ling, salah seorang warga Tionghoa, mengaku sengaja memborong aksesoris itu untuk menghiasi rumahnya. "Kalau di rumah tidak ada yang dipajang pada hari Imlek, rasanya di rumah tidak ikut merayakannya. Kan saya orang Tionghoa, harus ikut tradisi leluhur," katanya.

Mengenai harga, Liling mengaku tergantung dari besar dan motif pernak-perniknya. Kalau hanya lampion atau amplop angpao harganya relatif murah. Tetapi kalau teng-long, karena motif dan memiliki manik-manik, harganya lebih mahal. (*)

Editor: Roelan