Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

98 Kelompok Nelayan Budidaya di Batam Hasilkan 36,6 Ton Ikan Setahun
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-02-2015 | 11:11 WIB
kerapu_macan.jpg Honda-Batam
Kerapu Macan, salah satu jenis ikan yang dibudidayakan kelompok nelayan di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 98 kelompok nelayan budidaya ikan  laut binaan Dinas KP2K Batam hanya mampu menghasilkan ikan sekitar 36,6 ton. Jumlah itu tercatat selama 2014 lalu.

"Dari data rekapan yang kami miliki tahun kemarin itu nelayan binaan kita, per tiga bulan menghasilkan ikan laut segar sebanyak 8.9 ton. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2013, hanya 5 sampai 6 ton," ujar Amiruddin Talli, Staf Seksi Perikanan Dinas KP2K Batam, saat dihubungi Senin (9/2/2015).

Amiruddin menjelaskan ikan yang diproduksi kelompok nelayan ini rata-rata merupakan yang paling laku di pasar lokal dan mancanegara. "Bisa dibilang, ikan-ikan yang diproduksi nelayan binaan kami adalah yang paling diminati," ujarnya.

Ia merinci jenis-jenis ikan yang dibudidayakan yakni Kerapu Macan, Bawal, Kakap, Kerapu Sonok dan lain-lain. Karena nelayan masih minim dalam pengetahuan pembibitan, maka KP2K memberikan bantuan berupa bibit-bibit ikan. Bantuan ini dapat diberikan, setelah adanya kerjasama antara KP2K dengan beberapa instansi terkait, salah satunya Balai Budidaya Ikan.

"Kami masih support bibit, namun untuk kiat dan trik-trik pembesaran ikan, kelompok nelayan ini sudah mengerti," ujarnya. 

Dari 98 kelompok budidaya ikan yang telah dibentuk oleh Dinas KP2K tersebar di berbagai titik di Batam, namun yang menjadi sentral pembibitan hanya tiga daerah yakni Galang, Bulang dan Belakangpadang.

"Untuk pesisir yang cukup banyak juga kelompoknya yakni daerah Tanjungriau dan Piayulaut," pungkasnya.

Editor: Dodo