Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diisi Dengan Berbagai Pelatihan Jurnalistik

Pameran Peradaban Pers HPN Dibuka Hari Ini
Oleh : CR-9
Kamis | 05-02-2015 | 12:28 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pameran Peradaban Pers Hari Pers Nasional 2015 yang menggambarkan perkembangan pers dari massa ke massa di Kepri Mal Batam, secara resmi akan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Robert Iwan Loriaux, Kamis (5/2/2015) pukul 11.30 WIB.

Ketua Panitia Peradaban Pers dari PWI Pusat, Edhy Trisnanto mengatakan kegitan yang dipusatkan di atrium Kepi Mal, Batam tersebut diikuti sejumlah perusahaan pers nasional dan lokal.

"Kegiatan tersebut juga akan diisi degan sejumlah seminar, workshop, pelatihan jurnalistik, talkshow, lomba dari masing-masing peserta pameran. Kami juga mengajak masyarakat untuk menghjadiri kegiatan ini agar bisa mengetahui perkembangan pers di Indonesia," kata dia di Batam.

Kegiatan Pameran Peradaban Pers sendiri akan menampilkan hasil-hasil karya jurnalistik tertua di tanah air mulai dari media pertama sekali terbit di Indonesia hingga perkembangan dan kemajuan pers saat ini.

Ia mengharapkan, pameran dan berbagai kegiatan tersebut akan bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa sekaligus menumbuhkan minat menjadi seorang jurnalis.

"Ini saatnya bagi masyarakat untuk belajar mengenai jurnalitik. Panitia juga menyiapkan panggung yang nantinya akan digunakan oleh peserta untuk melaksanakan berbagai kegiatan berhubungan dengan jurnalistik," kata Edhy.

Acara lain yang akan digelar dalam pameran yang berlangsung pada 5-9 Febuari tersebut adalah standup komedi, pelatihan bagi calon penyiar televisi, jurnalisme warga, dan pelatihan fotografi. "Kami ingin mengajak masyarkat untuk bisa memahami pers yang sesungguhnya. Sehingga nantinya banyak generasi-generasi muda yang akan tertarik kedalam dunia jurnalistik," kata Edhy.

Edhy juga mengatakan, pada 9 Februari pameran tersebut juga akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Ketua PWI Kepri, Ramon Damora juga mengajak seluruh masyarakat untuk hadir mengunjungi dan memeriahkan pameran tersebut agar lebih memahami perkembangan pers Indoensia. 

"Ini kesempatan yang sangat berharga bagi masyarakat untuk bertanya langsung dan mempelajari tentang pers di Indonesia. Banyak narasumber kompeten yang ada selama pameran. Kami mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan momentum ini dengan baik," kata dia.

Panitia, kata dia, juga akan menggelar kegiatan sosial pengobatan gratis yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Batam.

Ia mengatakan, awalnya kegiatan tersebut direncanakan dibuka oleh Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, namun dalam kesempatan yang sama juga harus membuka kegiatan pameran di Bintan. Sehingga akhirnya pembukaan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri.

Editor: Dodo