Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas KP2K Batam Bantu 4 Unit Kapal Bagi Nelayan Tangkap
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-02-2015 | 13:25 WIB
kapal_nelayan_modern_RT.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Foto: Riau Terkini)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Kehutanan (KP2K) Batam kembali memberikan bantuan kapal tangkap kapasitas 10 GT untuk kelompok nelayan yang tergabung dalam KUB (kelompok usaha bersama), Rabu (4/3/2015).

Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budidaya Dinas KP2K Batam, Alexander mengatakan 2015 ada 4 unit kapal tangkap yang akan diberikan kepada kelompok nelayan, sementara untuk  kelompok yang akan menerima bantuan masih diseleksi.

"Kami saat ini sedang proses seleksi terhadap 425 KUB guna menentukan kelompok mana yang akan mendapat bantuan kapal tangkap kapasitas 10 GT itu," ujar Alex.

Alex mengatakan selain tahap seleksi calon penerima bantuan pihaknya juga sedang mempersiapkan dokumen pelalangan. "Sekarang kami masih menyiapkan berkas dokumen lelangnya," kata dia.

Saat ini juga proses pembuatan kapal tengah berjalan, untuk satu kapal  proses pengerjaan kapal tangkap memakan waktu enam bulan. Sehingga penyerahan bantuan diperkirakan akhir 2015.

"Seperti pengalaman tahun lalu penyerahan kapal diakhir tahun, ini lantaran proses pengerjaannya yang lama," ujar Alex.

Pada 2014 KP2K menyerahkan bantuan dua unit kapal tangkap kepada salah satu kelompok nelayan di Kelurahan Tanjung Riau dan Pulau Karas.

"Tahun lalu kami menyerahkan bantuan dua unit kapal tangkap. Bantuan kapal tidak termasuk alat tangkapnya,"pungkasnya.

Editor: Dodo