Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Batam Bangun Puskesmas di Nongsa dan Batam Center
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 03-02-2015 | 18:55 WIB
candra_rizal_kadinkes_batam.jpg Honda-Batam
Candra Rizal, Kepala Dinkes Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam akan membangun puskesmas di dua kecamatan. Selama ini pelayanan puskesmas di Batam belum mencukupi.

Dua puskesmas yang hendak dibangun itu berlokasi di Kampung Jabi, Nongsa, dan di gedung bersama Pemko Batam Centre. Dua pembangunan tersebut guna memberi pelayanan yang merata bagi masyarakat di kota Batam.

"Kita segera bangun dua puskesmas di dua tempat itu mengingat kebutuhan masyarakat di sana sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang cukup dan cepat," ujar Candra Rizal, Kepala Dinkes Kota Batam, Selasa (3/2/2015).

Kebutuhan pelayanan kesehatan di kota Batam melalui puskesmas belum mencukupi karena baru memiliki 17 puskesmas yang tersebar di berbagai kecamatan. Jumlah itu belum cukup melayani masyarakat idealnya jumlah puskesmas di Batam sebanyak 40 unit.

"Untuk daerah penduduk di Kota Batam, per 30 ribu orang puskesmas harus ada satu. Jadi kalau dihitung-hitung sesuai jumlah penduduk kita, harus ada 40 puskesmas," ujar Candra

Namun kota Batam masih diuntungkan adanya pembangunan pelayanan kesehatan oleh pihak swasta. Ia menuturkan, 180 klinik swasta yang ada di Kota Batam sangat membantu pelayanan kesehatan masyarakat.

"Ada 180 klinik swasta. Itu yang membantu kita dalam pelayanan kesehatan masyarakat," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan