Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wali Kota Batam Janji Bangun Jembatan Penghubung Pulau Terong dan Pulau Sebrang
Oleh : CR-9
Selasa | 03-02-2015 | 17:10 WIB
pulau_terong.jpg Honda-Batam
Gapura selamat datang di Pulau Terong, Belakangpadang. (Foto: Ahmad/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan berjanji akan segera membangun jembatan penghubung yang menghubungkan antara Pulau Terong dengan Pulau Sebrang, Belakangpadang.

Rencana pembangunan jembatan ini, kata Dahlan sudah lama. Karena banyaknya kendala belum bisa dilaksanakan, namun ia memastikan tahun 2015 jembatan tersebut akan dibangun.

"Jaraknya tidak terlalu jauh sebenarnya, tapi arusnya sangat kuat itu yang menjadi salah satu faktor yang menghambat selama ini," ujar Dahlan, Selasa (3/2/2015).

Pembangunan jembatan penghubung ini diakui warga sangat penting karena Sekolah Menengah Atas (SMA) berada di Pulau Sebrang. Setiap harinya siswa yang hendak sekolah harus menggunakan perahu sampan untuk sampai ke pulau itu.

"SMA-nya di Pulau Sebrang dan SMP-nya di Pulau Terong," ujar Aman, salah seorang warga setempat.

Meskipun rata-rata mata pencaharian sebagai nelayan dan hidup di sekitar laut, Aman mengakui masih ada rasa khawatir terhadap anak yang menyeberang pulau karena menurutnya arus antara Pulau Terong dan Pulau Sebrang sangat kuat.

Keterangan dari Lurah Pulau Terong, Indra, jumlah penduduk saat ini di Kelurahan Pulau Terong sekitar 4000 warga dan sekitar 1000 kepala keluarga. 1500 penduduk diantaranya tinggal di Pulau Sebrang.

Sedangkan untuk mata pencaharian penduduk di Kelurahan Pulau Terong ia sebutkan hampir 90 persen sebagai nelayan dan petani rumput laut.

Pada acara peresmian proyek pembangunan wilayah Hinterland siang tadi, Wali Kota Batam juga menyumbangkan beberapa kebutuhan olahraga disekolah diantaranya adalah 36 bola takraw, 12 bola volly, 17 bola kaki, dan 6 jaringnet untuk bola takraw.

Editor: Dodo