Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ju-Jitsu Batam Gelar UKT dan Penerimaan Anggota Baru
Oleh : CR-9
Sabtu | 31-01-2015 | 14:48 WIB
UKT_Jiu_Jitsu.jpg Honda-Batam
Anggota Ju-Jitsu Batam usai menggelar ujian kenaikan tingkat di Pantai Tanjungpinggir, Sekupang. (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak ada kata menyerah, apalagi pasrah. Semangat terus dipompa. Berbagai ujian fisik tetap harus dihadapi. Kekompakan antar peserta ujian, menjadi hal yang harus diutamakan.

Pada Minggu (25/1/2015) lalu di pantai Tanjungpinggir Sekupang, Institut Ju-jitsu Indonesia (IJI) Pengda Kepri, Dojo Batam Pos, Batam, menggelar ujian kenaikan tingkat (UKT). Ju-jitsan (siswa ju-jitsu) yang mengikuti ujian penurunan kyu ini dianggap sudah siap secara fisik dan mental.

"Peserta ujian, tidak hanya harus siap secara materi latihan, tapi lebih dari itu, kesiapan mental paling utama," kata M Nuh, Ketua Harian IJI Kepri, kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (31/1/2015).

Peserta yang ikut ujian kenaikan sabuk ini terdiri dari sabuk putih ke sabuk kuning, sabuk kuning ke sabuk hijau. "Satu orang dari sabuk biru ke coklat," tambah M Nuh.

Di dalam beladiri Ju-Jitsu tradisional ini, materi latihan lebih difokuskan pada inti beladiri sesungguhnya. Kendati demikian, beladiri asal Jepang ini juga tidak mengabaikan sisi seni sebuah beladiri.

Materi latihan lebih mengutamakan pemanfaatan tenaga lawan. Di dalam bela diri Ju-jitsu, khususnya IJI, materi latihan lebih banyak dan fokus pada bantingan dan kuncian. Tapi di beladiri ju-jitsu ini juga mengajarkan semua teknik, seperti tendangan, pukulan, tangkisan, ilmu pernafasan, beladiri wanita, permainan senjata dan teknik kuda-kuda.

Tidak hanya sudah menyebar secara nasional di Indonesia, IJI juga sudah tergabung dalam All Japan Ju-jitsu International Federation (AJJIF). Di Indonesia, sudah sering digelar turnamen antar club beladiri. Di induk IJI, pergelaran akbar berskala nasional juga rutin digelar.

"Desember 2014 lalu, kami mengirimkan atlet yang bertanding dalam Kejurnas Bakamla Cup di Bekasi," lanjut M Nuh

Nah, berkenaan dengan adanya ujian kenaikan tingkat ini, Dojo Batam Pos akan membuka pendaftaran anggota baru siswa ju-jitsu. Bagi yang berminat untuk mempelajari ilmu beladiri ju-jitsu ini, bisa langsung datang saat latihan di Lapangan Futsal Batam Pos setiap Rabu jam 19.00 WIB dan Minggu jam 07.00 WIB di alun-alun Engku Putri Batam Centre. Atau, peminat ju-jitsu bisa terlebih dahulu menghubungi Oji di 081270067144 / 082389333320

Editor: Dodo