Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Sekolah di Tanjungpinang Ditunjuk sebagai Perintis UN Online
Oleh : Habibi
Sabtu | 31-01-2015 | 09:46 WIB
dadang.jpg Honda-Batam
Dadang AG, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selain di Kota Batam, tiga sekolah di Kota Tanjungpinang juga ditunjuk sebagai perintis pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer secara daring (online). Ketiga sekolah tersebut antara lain SMPN 1, SMAN 1, dan SMKN 1.

"Tiga sekolah ini ditunjuk langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Dadang Abdul Gani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Koat Tanjungpinang, Jumat (30/1/2015).

Dadang mengatakan ketiga sekolah tersebut adalah sekolah percontohan penerapan sistem UN tersebut untuk Kota Tanjungpinang. Teknis pelaksanaan ujian menggunakan sistem komputer secara online ini, yakni satu siswa satu komputer.

"Seperti ujian CAT saat penerimaan CPNS. Siswa nanti bisa langsung tahu hasilnya," jelasnya.

Dadang menambahkan, ketiga sekolah yang ditunjuk tersebut sudah menerima berita tersebut. Mereka pun sudan menyatakan kesiapannya menerapkan ujian nasional berbasis komputer itu.

Namun sebelum ujian benar-benar digelar, akan ada try out UN layaknya ujian nasional yang dilakukan secara manual. Sehingga saat pelaksanaan UN dengan sistem komputer digelar benar-benar digelar siswa tidak canggung.

"Ke depan kementrian akan meningkatkan semua sekolah menerapkan UN denagn sistem komputer. Tapi secara bertahap," katanya.

Hal itu dilakukan untuk menghemat biaya serta menjamin pelaksanaan UN yang jujur, bersih, dan fleksibel. Tujuannya, supaya hasil ujian bisa lebih rinci dan lebih cepat diperoleh murid, orang tua, dan sekolah. (*)

Editor: Roelan