Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Pendidikan Batam Bangun Enam Sekolah Baru Tahun Ini
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 30-01-2015 | 08:15 WIB
muslim_bidin.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan Kota Batam pada tahun ini akan membangun enam unit sekolah baru. Masing-masing dua USB untuk SD, SMP dan SMA.

"Enam sekolah itu nantinya dibangun d ibeberapa kecamatan yang belum ada sekolah," ujar Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Kamis (29/1/2015).

Dia menyampaikan, dua sekolah dasar yang dibangun nantinya akan menjadi SDN 018 dan SDN 019. Sementara dua SMP baru akan menjadi SMPN 052 dan SMPN 053. Sedangkan untuk SMA akan menjadi SMAN 18 dan SMAN 19.

"Gedung untuk SDN 018 akan dibangun di daerah Batuaji. Sedangkan SDN 019 di Sagulung," ujar Muslim.

Namun pembangunan gedung sekolah di Sagulung masih terkendala persoalan lahan. "Daerahnya tetap di Sagulung, tapi masih nyari lahannya. Mungkin daerah yang ditunjuk itu hutan bakau," terangnya.

Sementara gedung SMPN 52 akan dibangun di daerah Batam Kota, dekat Perumahan Botania dan SMPN 53 dibangun di Tanjungpiayu. "Sebenarnya SMPN 52 Batam sudah melakukan penerimaan murid dan sekarang untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Hanya saja mereka masih menumpang di SDN 09 di Botania," katanya.

Kemudian, gedung SMAN 18 akan dibangun di daerah Sagulung, dekat Tunas Regency. dan gedung SMAN 19 bakal dibangun di kawasan jembatan Barelang, tepatnya di dekat Perumahan Cipta Asri.

Muslim mengakui, walaupun sudah banyak sekolah negeri yang bakal dibangun, tetap saja daya tampungnya masih kurang. Sebab, minat masyarakat cukup tinggi untuk masuk ke sekolah negeri, sehingga banyak masyrakat yang mengajukan permintaan pembangunan sekolah di daerah mereka.

"Tapi, memang permasalahan yang dihadapi Dinas Pendidikan untuk membangun sekolah adalah lahan. Keterbatasan lahan membuat kami agak kesulitan membangun sekolah," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan