Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini Susi Air Test Flight dari Dabo ke Pekanbaru dan Tanjungpinang
Oleh : Nurjali
Jum'at | 30-01-2015 | 08:01 WIB
kru_susi_air.jpg Honda-Batam
Kepala Bandara Dabo berfoto bersama kru pesawat perintis. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pesawat perintis Susi Air pada Jumat (30/1/2015) pagi melakukan test flight dari Bandara Dabosingkep menuju Pekanbaru dan Tanjungpinang, dan kembali ke Dabosingkep. Pesawat jenis Dornier 228 dengan nomor registrasi PK - VSS tersebut diinapkan selama semalam setelah mendarat di Bandara Dabosingkep pada Kamis (29/1/2015) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Pesawat keluaran Jerman dengan 20 seat ini dijadwalkan akan melayani beberapa rute penerbangan di empat provinsi, yakni Bangkabelitung, Kepri, Riau dan Jambi.

Kepala Bandara Dabo, Dodi Darma Cahyadi, mengatakan, dua pesawat jenis ini akan total melayani sepuluh rute. Adapun rute tersebut antara lain Dabosingkep - Pekanbaru, Tanjungpinang, Pangkalpinang, Jambi, Pekanbaru - Tanjungbalai Karimun, Pasirpangaraian, Tembilahan, Jambi - Kerinci, Matak dan Natuna.

"Launching perdananya akan dimulai pada 3 Februari 2015, dan mulai tanggal 2 Januari pemesanan tiket sudah kita terima," kata Dodi saat jumpa pers di kantornya, Kamis malam.

Dia menyampaikan, harga tiket pesawat perintis ini sendiri sangat terjangkau yaitu Rp292 ribu untuk rute Dabo -Jambi dan harga tertingginya Rp388 ribu untuk rute Pekanbaru - Pasirpangaraian. Jika dibandingkan dengan harga tiket kapal laut tujuan Tanjungpinang - Lingga dan Batam, maka selisih harganya hanya sekitar Rp10 - 20 ribu.

Selain melayani pesawat perintis, Bandara Dabo juga akan menjadi bandara yang cukup sibuk untuk level bandara di daerah, katanya.

"ATC (Air Traffic Controller) Bandara Dabo juga cukup sibuk untuk melayani beberapa penerbangan yang melintasi udara Dabo, seperti wilayah Jawa tujuan Jambi, Batam, Singapura dan Malaysia," terangnya.

"Harapan saya dengan penerbangan perintis ini, pemerintah daerah akan sangat terbantu untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Lingga," katanya. (*)

Editor: Roelan