PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Masuk Tahapan Pilkada, Bagi-bagi Kalender dan Sembako Sudah Marak di Bintan
Oleh : Harjo
Kamis | 29-01-2015 | 17:35 WIB
ilustrasi_pilkada.jpg honda-batam
Ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pernak-pernik pemilu kepala daerah (pilkada) sudah bertebaran di Kabupaten Bintan, meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan tahapannya. Bahkan, salah satu sosok yang disebut-sebut maju dalam pilkada Bintan dikabarkan sudah rajin membagi-bagikan sembako dan kalender kepada masyarakat.

"Tahapan pilkada belum masuk, tapi aromanya sudah mulai dirasakan. Tokoh yang akan maju sudah ada yang mulai bergerak menemui masyarakat dengan alasan siratullrahmi dan lainnya diiringi dengan cinderamata, baik berupa pembagian kalender atau sembako," kata Heri Sugiarto, tokoh pemuda Bintan Utara, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (29/1/2015).

Heri mengaku mendapatkan informasi mengenai sosok yang mulai rajib membagi-bagikan sembako dan kalender. Pembagian barang-barang itu, katanya, baik secara langsung atau melalui perantara orang lain atau tim pemenangan si bakal calon kepala daerah.

"Memang, sudah ada yang terang-terangan menyampaikan akan maju dalam pilkada Bintan, baik yang sudah terjun ke tengah masyarakat atau baru sebatas membuat wacana hingga mulai menyebarkan orang sebagai tim sukses," katanya.

Sementara itu komisioner KPU Bintan, Carnita alias Cecep, menyatakan bahwa KPU masih menunggu PKPU sebagai acuan untuk  pelaksanaan pilkada di Bintan.

"Kalau pilkada langsung itu sudah pasti, tinggal menunggu PKPU sebagai acuan pelaksanaannya. Artinya, tinggal menunggu juklak dan juknisnya. Begitu juga masalah anggaran dari Pemkab Bintan untuk tahap awal sudah disetujui," terangnya.

Cecep menyebutkan, pilkada di Bintan juga sudah mulai menjadi pembicaraan di tengah mayarakat serta kedai kopi. "Semoga dalam pelaksanaan pilkada ke depan, masyarakat semakin dewasa dalam menanggapi seluruh isu yang berkembang, hingga ke depan bisa benar-benar menghasilkan kepala daerah yang benar-benar menjadi pilihan rakyat," katanya. (*)

Editor: Roelan