Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPOM Pastikan Produk Apel Impor di Kepri Bebas Virus
Oleh : Hadli
Selasa | 27-01-2015 | 15:04 WIB
kepala_bpom_kepri_setiamurni.jpg Honda-Batam
Kepala Badan POM Kepri di Batam, Setia Murni.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan POM Kepri di Batam, Setia Murni memastikan olahan makanan jenis produk apel Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California, Amirika Serikat (AS) dengan merek Graanny's Best dan Big B yang terkontaminasi mengandung virus jenis Listeria monocytogenes, tidak ada beredar di kawasan Free Trade Zone (FTZ) Batam, Kepulauan Riau. 

"Kami sudah melihat di data kami (Badan POM pusat) produk olahan pangaan jenis apel ini tidak ada masuk ke Indonesia," katanya di Mapolda Kepri kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (27/1/2015).

Ia menambahkan, Badan POM di seluruh provinsi, termasuk Kepri di Batam akan mengawal pengawasan ketat dan telah mengecek izin impor untuk melakukan pencegahan masuknya produk olahan Caramel Apples. 

"Setelah kita cek, izin untuk olahan ini tidak ada kita keluarkan," jelasnya. 

Langkah selanjutnya, BPOM tambah Setia Murni, akan berkoordinasi dengan kementrian terkait atau Kepala Dinas seperti Dinas Pertanian (KP2K), Perdagangan dan Dinas Kesehatan. 
 
Seperti diberitakan sebelumnya, telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) listeriosis dengan 32 korban di 11 negara bagian di Amerika setelah mengonsumsi Caramel Apples, dengan nama dagang Happy Apple (Lochirco Fruit & Produce, Inc), Karm’l Dapples, Carnival (California Snack Foods, of El Monte, California), dan Merb’s Candies (Sugar Daddy LTD). Karena kasus ini, 3 perusahaan tersebut telah melakukan penarikan terhadap produk Caramel. 

Listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil. 

Editor: Dodo