Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Butuh Tambahan Rumah Sakit Pelat Merah
Oleh : Gokli
Selasa | 27-01-2015 | 13:08 WIB
RSUD-Embung-Fatimah.gif Honda-Batam
RSUD Embung Fatimah, salah satu rumah sakit pemerintah di Batam. (Foto: dokumentasi BATAMTODAY.COM).

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah sakit pemerintah maupun swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan selalu kebanjiran pasien. Ruang inap pasien pun selalu penuh, yang mengakibatkan pelayanan untuk sebagaian masyarakat tak terlayani.

Hal ini terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan perwakilan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS di ruang Komisi IV DPRD Batam. Kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat setelah pelayanan BPJS mulai diterapkan.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Batam, Fahru Rozi menyampaikan, Pemerintah Kota perlu menambah rumah sakit yang baru. Sebab, dua rumah sakit pemerintah dan beberapa rumah sakit swasta yang sudah bekerja sama dengan mereka, masih belum mampu mencover pelayanan untuk masyarakat, khusunya pengguna BPJS.

"Saya rasa solusinya, Pemerintah perlu memikirkan membangun rumah sakit plat merah yang baru," ujar dia, usai RDP dengan Komisi IV, kemarin.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Batam, drg Chandra Rizal yang juga hadir dalam RDP tersebut. Menurut dia, dua rumah sakit pemerintah yang sudah ada di Batam masih kurang mengingat jumlah penduduk yang terus bertambah.

"Kalau pribadi, membangun rumah sakit baru itu perlu. Tapi itu tak gampang, harus sesuai dengan perencanaan pemerintah yang saudah ada," katanya.

Kedepan, kata Chandra, di Batam akan ada penambahan rumah sakit swasta yang baru. Kendati tidak mengetahui secara detail, lanjutnya, dua investor yang akan membangun rumah sakit itu sudah menyatakan ketertarikannya.

"Kalau saya tak salah, akan ada pembangunan dua rumah sakit swasta yang baru di Batam. Tapi kita lihat aja, saya pun kurang tahu secara pasti," ungkapnya.

Selain penambahan rumah sakit yang baru, Chandra menambahkan, Pemerintah Kota Batam sedang mengupayakan peningkatan pelayanan di tiap Puskesmas. Sehingga, pasien tak harus ke rumah sakit besar, khusus untuk penyakit-penyakit ringan.

"Untuk sementara, kita upayakan peningkatan pelayanan dengan rumah sakit yang sudah ada dulu," tutupnya.

Editor: Dodo