Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyaknya Kapal yang Berlabuh di Perairan Lobam Disebut Penyebab Turunnya Pendapatan Nelayan
Oleh : Harjo
Senin | 26-01-2015 | 16:32 WIB
Emiwati_camat_Serikuala_Lobam_-merem).jpg Honda-Batam
Emiwati, Camat Serikuala Lobam. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kapal-kapal yang berlabuh di perairan Lobam dan sekitarnya  yang akan diperbaiki oleh PT Singatac Lobam, dinilai menjadi salah satu penyebab berkurangnya pendapatan nelayan Kampung Tanjungtalok, Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan. Nelayan pun menyampaikan tuntutan untuk meminta kompensasi.

"Nelayan menilai, akibat banyaknya kapal yang berlabuh di perairan sekitar tempat nelayan mencari ikan, nelayan pun semakin sulit mencari ikan dan mengancam ekonomi keluarga nelayan," kata Emiwati, Camat Serikuala Lobam, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (26/1/2015). 

Karena itulah, kata Emiwati, puluhan nelayan Tanjungtalok menuntut agar ada kompensasi bagi nelayan. Namun, para nelayan uga sudah melakukan pertamuan di kantor camat Serikuala Lobam, beberapa hari lalu. 

Hanya saja, dengan adanya keluhan permasalahan nelayan tersebut, selain akan dilakukan kajian lebih lanjut, juga akan dibicarakan lebih lanjut dengan PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) selaku pengelola Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam.

"Pemerintah akan mengkaji lebih lanjut terkait kebenaran keluhan nelayan tersebut. Di sisi lain akan membicarakan keluhan nelayan dengan pengelola kawasan," katanya. (*)

Editor: Roelan