PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Lingga Berencana Laksanakan Tahapan Pilkada pada Februari
Oleh : Nurjali
Senin | 26-01-2015 | 15:29 WIB
KPU LINGGA.jpg honda-batam
Komisioner KPU Kabupaten Lingga. Paling kiri ketua KPU. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga berencana akan memulai tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Lingga pada Februari 2015 mendatang. Langkah itu diambil jika tidak ada perbaikan lagi dalam Perppu Nomor 1 Tahun 2014 yang telah disahkan oleh DPR menjadi undang-undang.

"Jika tidak ada perubahan lagi, rencananya Februari ini sudah dimulai tahapan pemilu. Saat ini kita masih menunggu arahan dari KPU," Kata Agussyuriawan, Ketua KPU Kabupaten Lingga, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (26/1/2015).

Dia mengatakan, KPU Lingga masih terus menjalin komunikasi dengan KPU Provinsi Kepulauan Riau dan KPU untuk menunggu hasil penyempurnaan UU tersebut. Selain itu KPU Lingga juga telah menyiapkan beberapa agenda dan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, terutama dalam hal pendanaan yang akan digunakan untuk pesta demokrasi mengingat ada dua agenda pemilihan di Kabupaten Lingga yaitu pemilihan bupati dan pemilihan gubernur yang direncanakan akan dilaksanakan serentak.

"Kami terus bekerja untuk menyiapkan berbagai agenda serta mengantisipasi kemungkinan yang ada agar tidak ada kendala di lapangan," terangnya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 dan Perppu Nomor 2 Tahun 2014, pemilihan kepala daerah akan dilaksanakan secara langsung, dan KPU sebagai penyelenggaranya. Dalam teknis di lapangan proses pemilihannya tidak jauh berbeda dengan aturan pada pilkada-pilkada sebelumnya.

"Seperti biasa ada PPK, PPS dan TPS. Hanya ada beberapa aturan yang berubah seperti tahapan yang cukup lama dan persyaratan lainnya," jelas Agussyuriawan. (*)

Editor: Roelan