Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ubah Gaya Serap Aspirasi Masyarakat

DPRD Natuna Wajibkan Pimpinan dan Anggota Blusukan
Oleh : Surya
Jum'at | 23-01-2015 | 19:59 WIB
Yusripandi.jpg Honda-Batam
Ketua DPRD Natuna Yusripandi

BATAMTODAY.COM, Natuna -DPRD Natuna membuat kebijakan baru bagi pimpinan dan anggota DPRD untuk melakukan blusukan dalam menjaring aspirasi masyarakat seperti yang dicontohkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2015 ini.



Hal itu bisa dilihat dari kehadiran seluruh pimpinan dan anggota DPRD Natuna yang terlihat kompak menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) di setiap desa di Natuna.

Kehadiran para pimpinan dan anggota DPRD Natuna dalam Musrembangdes ini merupakan tradisi dan sejarah baru yang dilakukan DPRD Natuna untuk mengubah paradigmanya agar mendekatkan diri dengan masyarakat. 

 "Ya kita memang sepakat setiap anggota DPRD Natuna akan menghadiri acara musrenbangdes yang diadakan oleh desa di dapil masing-masing, agar kita bisa menyerap aspirasi masyarakat bukan hanya saat reses saja," kata Ketua DPRD Natuna Yusripandi di Ranai, Jumat (23/1/2015).

Menurut Yusripandi, selama ini usulan masyarakat yang diusulkan di Musrembangdes kerap tidak terakomodir di APBD Natuna. Dengan kehadiran para pimpinan dan anggota DPRD Natuna disetiap Musrembangdes, bahkan hingga Musrembang Kecamatan dan Musrembang Kabupaten diharapkan aspirasi masyarakat dapat diakomodasi semua.

 "Anggota DPRD akan lebih memahami materi dan alur usulan dari tingkat bawah sehingga bisa mengawalnya pada pembahasan APBD ditahun berikutnya agar usulannya terakomodasi," katanya. 

Ketua DPRD Natuna menegaskan, bagi desa yang belum melaksanakan Musrembangdes agar mengundang anggota DPRD hadir dalam acara tersebut supaya aspirasinya dapat ditindaklanjuti. 

"Bagi desa yang belum melaksanakan Musrenbang sebaiknya mengundang anggota DPRD. Undangan sebaiknya dikirim surat resmi ke DPRD agar bisa diatur dan disesuaikan dengan jadwal anggota DPRD. Tapi kita fleksibel saja, kita juga memaklumi kondisi geografis Natuna yang tidak semuanya lancar transportasinya," katanya. 

Editor : Surya