Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maju ke Pilgub 2015, Sani Klaim Mulai Dapat Dukungan dari Warga Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 23-01-2015 | 11:11 WIB
gubernur-kepri-muhammad-sani.jpg Honda-Batam
Muhammad Sani, dipastikan maju ke Pilgub Kepri 2015.

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dengan disahkannya Perppu Pilkada Langsung dan Perppu Pemerintahan Daerah menjadi Undang-Undang, Gubernur Kepri Muhammad Sani menyatakan akan kembali maju dalam bursa Pilgub pada Oktober 2015 Mendatang.

Kepastian dirinya maju sebagai calon incumbent, disampaikan mengingat adanya dukungan dari sejumlah masyarakat Kepri dari sejumlah ‎daerah di Kepri yang dikunjunginya. 

‎"Saya berani menyatakan akan maju pada Pilgub ini, juga karena ada percikan-percikan dukungan dari berbagai element masyarakat, sebagai tanda-tanda Dukungan," ujarnya kepada wartawan di sela-sela kunjungan kerja sebagai Gubernur Kepri ke Lingga, Kamis (22/1/2015). 

Sedangkan mengenai pasangan, Sani mengaku, hingga saat ini belum dipikirkan, demikian juga dengan dukungan Parpol, yang akan mengusungnya pada Pilbup mendatang. 

"Saat ini kan aturan pelaksanaann‎ya juga belum turun, yang pasti baru mengenai jumlah kursi untuk mendukung calon minimal 20 persen. Semua kita hubungi dan selama ini juga koordinasikan kita baik pada semua Parpol," ujarnya secara diplomatis.

‎Sani juga masih menunggu mekanisme dan tata cara aturan pelaksanaan pilkada langsung yang akan dilaksanakan oleh KPU. Mengenai partai mana nantinya yang akan mengusung, tergantung dari keputusan masing-masing partai.

Ditanya mengenai penjajakannya untuk berpasangan dengan Ahmad Dahlan dari Partai Demokrat, Sani membantah, dan mengatakan hingga saat ini, dirinya masih menunggu Juklak dan Juknis Pilkada yang nantinya ditetapkan oleh KPU. 

‎"Belum mengarah ke sana, bagaimana mau berpasangan aturannya saja belum jelas. Kalau sudah ada pentunjuknya, baru bisa saya berkomentar lebih banyak," ujar Sani.

Demikian juga saat Disinggung mengenai kedekatannya dengan Dahlan atau Rudi, Sani mengaku sebagai Gubernur dirinya sangat dekat dengan semua pihak, dan mengenai pencalonan yang akan sama dengan pejabat daerah tingkat II lainnya, dikatakan sampai saat ini belum ada dilakukan. 

Demikian juga dengan peletakan jabatannya sebagai Gubernur dan penunjukan Plt. Bupati pasca pencalonan Pilgub dan Pilbup, mantan Bupati Karimun ini, juga mengatakan, hingga saat ini, dirinya masih menunggu arahan dan mekanisme aturan yang ditetapkan Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri.

"Kalau untuk Plt. Gubernur tentu Kementerian yang akan mempersiapkan. Sedangkan kabupaten/kota akan kita persiapkan nanti, jika memang aturanya menyatakan dilakukanya pilkada secara serentak," ujarnya.

Editor: Dodo