Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dibangun Pertengahan 2015, Pedagang Pasar Dabo Bakal Direlokasi Sementara
Oleh : Nurjali
Selasa | 20-01-2015 | 10:29 WIB
pasar_dabo.jpg Honda-Batam
Pedagang di Pasar Dabo, Lingga bakal direlokasi menyusul akan dibangunnya pasar tersebut. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pedagang di Pasar Dabo, Lingga bakal direlokasi sementara menyusul adanya pembangunan pasar tersebut pada tahun ini.

Camat Singkep Kisanjaya mengatakan pihak telah mengusulkan kepada dinas terkait untuk merelokasi pedagangan ke emplasemen atau gedung perkantoran eks PT Timah yang terletak di Jalan Pelabuhan. Menurutnya lokasi tersebut selain pernah dijadikan pasar sayur, tempat tersebut juga sangat efisien dan ekonomis karna letaknya tidak berjauhan dengan pasar yang lama.

"Kemarin waktu survei kami sudah ajukan untuk direlokasi di wilayah emplasemen namun untuk kepastiannya masih menunggu keputusan dari dinas terkait BLH dan Disperindag," ungkap Kisanjaya, Selasa (20/1/2015).

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga Muzammil Ismail melalui Kabid Perdagangannya membenarkan bahwa pasar tersebut akan segera direlokasi dan diwacanakan pada pertengahan tahun 2015 ini. Namun mengenai lokasi timnya sudah turun ke lapangan pada Senin (19/1/15), kemarin bersama dengan beberapa SKPD terkait.

"Benar, kita saat ini masih berembuk untuk lokasi, semalam kita sudah survei ke Pasar Dabo dan sudah mengadakan pertemuan, namun kepastiannya belum bisa kita pastikan apakah bulan Maret atau April," ungkapnya.

Rencana pembangunan Pasar Dabosingkep ini, telah disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Riau pada saat kunjungannya ke pasar tersebut pada akhir tahun 2014 yang lalu. Anggaran yang telah disiapkan untuk pembangunan Pasar Dabo pada penyampaian Gubernur tersebut sebesar Rp5 miliar dari APBD Provinsi Kepri.

"Pemprov Kepri sudah siapkan anggaran Rp5 miliar untuk pembangunan Pasar Dabo yang sudah berdiri sejak zaman timah," kata Sani, saat berdialog dengan masyarakat di Gedung Daerah Dabosingkep, Senin (17/11/2014) yang lalu.

Editor: Dodo