Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Paya Manggis Pengidap Epilepsi Tewas Tenggelam di Danau Depan RSUD Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 20-01-2015 | 08:18 WIB
ilustrasi-tenggelam.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Karimun - Zuriman alias Ziman (20), warga RT03/RW01 Paya Manggis, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, ditemukan warga setempat tewas tenggelam di danau yang berada di depan RSUD Karimun. Penyebab kematian warga itu diduga akibat penyakit epilepsi (ayan) yang dideritanya kambuh sehingga dirinya menceburkan diri ke dalam danau tersebut hingga maut menjemputnya.

Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Arifin Sihombing, menyebut, selain masyarakat, Tim SAR dan personel Polair Polres Karimun diturunkan untuk mencari mayat Ziman. "Saat ditemukan, pria yang tenggelam tersebut menggunakan celana pendek warna hitam, baju kemeja kotak-kotak warna kuning itu sudah tidak bernyawa. Kemudian segera dilarikan ke RSUD Karimun," terangnya, Senin (19/1/2015) Mapolres Karimun.

Ditemat terpisah, Ketua RT03/RW01 Paya Manggis, Iskandar, mengatakan bahwa dirinya mengetahui informasi adanya warga yang tenggelam sekitar pukul 6.30 WIB. Warga yang tenggelam itu berhasil ditemukan sekitar dua jam setelah kejadian dan hanya berjarak 10 meter dari tepi danau.

"Alamarhum memiliki penyakit ayan itu sejak kecil. Kalau lagi kumat, saat  melihat api dan air, pasti langsung dikejarnya. Nah, info dari warga sekitar yang melihatnya kejadian itu, almarhum mengejar air dan berlari ke danau RSUD Karimun, dan langsung terjun," ungkapnya.

Sementara kakak almarhum, Suri, mengatakan, adiknya itu merupakan anak paling kecil dari delapan bersaudara. "Pukul 06.00 pagi tadi dia keluar dari rumah mau mencari kaleng bekas. Dia memang ada penyakit ayan dari sejak kecil. Penyakitnya itu datangnya sekali-kali," ujar Suri, Senin siang.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, meski memiliki penyakit namun semasa hidupnya almarhum dikenal baik dan ramah kepada masyarakat di tempat tinggalnya. Selain itu, setiap diadakan acara seperti pesta pernikahan, almarhum aktif membantu tanpa pamrih. (*)

Editor: Roelan