Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bank Riau Kepri Cabang Karimun Salurkan Dana CSR 2013 Senilai Rp380 Juta
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 19-01-2015 | 18:07 WIB
bank_riau_kepri_2.jpg Honda-Batam
Truk bantuan dari dana CSR Bank Riau Kepri kepada Pemkab Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun -  PT Bank Riau Kepri telah menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) tahun 2013 atau yang lebih dikenal dengan kerja sama tanggung jawab sosial perusahaannya itu kepada Pemerintah Kabupaten Karimun. Bantuan berupa satu unit truk sampah dengan nomor polisi (nopol) BM 8104 TR senilai Rp380 Juta.

Bahkan, untuk tahun 2015 ini PT Bank Riau Kepri telah menyediakan anggaran CSR sebesar Rp1,3 miliar. Hanya saja penyalurannya dalam bentuk barang yang disesuaikan dengan isi proposal yang diajukan Pemkab Karimun.
 
Sekda Kabupaten Karimun, TS Arif Fadillah, menyambut baik bantuan yang serahkan Bank Riau Kepri tersebut. Namun penunjukan pengelola truk sampah tersebut menunggu arahan Bupati Karimun.

"Kita menunggu arahan bupati apakah nantinya akan ke Badan Kebersihan dan Pertamanan (BKP) atau ke Kecamatan Karimun. Yang jelas bantuan tersebut disiagakan di Coastal Area," ujarnya saat membuka acara, Senin (19/1/2015) di Coastal Area.

Dijelaskan, bantuan pada tahun 2015 nanti akan dipergunakan sesuai kebutuhan. Di antaranya untuk memperindahkan Coastal Area. "Proposal pengajuannya memang belum dimasukkan sampai saat ini. Namun, dana tersebut nantinya untuk pembelian tiang lampu jalan dan lampu taman Coastal Area agar terlihat semakin indah," katanya.

Lebih jauh disebutkan, tahun ini juga akan direalisasikan sebanyak tiga unit transportasi pengangkut sampah darurat (Tosa), serta tempat sampah (kontainer). Nantinya, ketiga unit alat transportasi tersebut akan ditempatkan di titik yang telah ditentukan.

"Ada beberapa titik tempat penyalurannya, di antaranya Kelurahan Telukair dan Seilakam. Sedangkan jumlah tempat sampah tersebut belum diketahui berapa banyak. Namun, intinya setiap tahun dilakukan penambahan tempat sampah dengan menggunakan APBD Kabupaten Karimun," terangnya.

Sementara itu, Pimpinan Divisi Produk dan Jasa Bank Riau Kepri Pusat, Syamsul Bakri, mengatakan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan dilingkungan di Kabupaten Karimun. "Bantuan yang diberikan itu berasal dari dana CSR Bank Riau Kepri tahun 2013 seniliai Rp380 juta. Bantuan tersebut sesuai dengan permintaan dari Pemkab Karimun," jelasnya.   

Tahun 2015 kata Syamsul lagi,  Bank Riau Kepri telah menyiapkan dana sebesar Rp1,3 miliar untuk Pemkab Karimun. Namun penyalurannya tidak dalam bentuk uang tunai.

"Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk barang, sesuai pengajuan (proposal) dari Pemkab Karimun," jelas Syamsul yang saat itu didampingi Kepala Cabang Bank Riau Kepri Tanjungbalai Karimun, Thamrin. (*)

Editor: Roelan