Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Rumah Ludes, Kebakaran di Tanjungsengkuang Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek
Oleh : Romi Chandra
Senin | 19-01-2015 | 15:55 WIB
kebakaran sengkuang 2015-2.jpg Honda-Batam
Puing-puing rumah warga Tanjungsengkuang yang diamuk api, Senin siang. (Foto: Romi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah api berhasil dipadamkan, diketahui sebanyak lima rumah (sebelumnya belasan) habis dilahap api saat kebakaran yang terjadi di RT 01/RW 12 Tanjungsengkuang Dalam, Batuampar, Batam, Senin (19/1/2015) siang tadi.

Data yang didapat, kelima rumah tersebut dihuni oleh Sudiarto (43) dengan istri, Resida (42) beserta anaknya, Sudarman (48) dan istri Kristina (32). Kemudian Maidi (56) beserta istrinya, Gusnawati (50).

Sementara dua rumah lagi dihuni oleh Khairul Thamrin (38) dengan istrinya, Deva Silvia (35) dan Jumpa (33) dengan istrinya, Ria (31).

Masing-masing rumah tersebut ada yang dihuni oleh pemiliknya sendiri, dan ada yang disewakan. "Rumah itu ada yang disewakan dan ada yang dihuni oleh pemiliknya. Kalau tidak salah, ada tiga rumah yang dihuni penyewa, dan dua lagi dihuni pemiliknya," kata salah satu warga di lokasi.

Selain itu, sumber api diduga berasal dari korsleting listrik dari rumah yang dihuni Jumpa bersama istrinya, Ria, yang disewakan oleh Dembuakan (70).

Sedangkan pantauan di lokasi, Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Dinas Sosial yang sudah berada di lokasi, langsung melakukan pertemuan dengan RT dan RW serta Lurah untuk mencarikan solusi terhadap para korban yang rumahnya terbakar.

Untuk sementara, warga bersama Dinas Sosial mendirikan tenda sebagai tempat istirahat para korban, sembari mendirikan posko untuk para donatur memberikan sumbangan agar meringankan beban korban.

"Tadi sudah ada pertemuan dengan Dinas Sosial. Disepakati untuk mendirikan tenda sebagai tempat istirahat sementara korban. Kami juga bantu unuk mencari sumbangan bagi korban," ungkap salah satu warga.

Sedangkan kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai ratusan juta. "Wah ini habis semua, mas. Perabotannya juga habis. Kemungkinan ratusan juta ada," tambahnya.

Berita sebelumnya, kebakaran hebat membumihanguskan belasan rumah yang berada RT 01/RW 12 Tanjungsengkuang Dalam, Kampung Tua, Batuampar, Senin (19/1/2015) siang.

Pantauan di lokasi, api yang diketahui berkobar sejak pukul 11.00 WIB itu, telah meratakan beberapa rumah. Kebakaran tersebut membakar rumah dari pinggir jalan hingga ke belakang yang berderet rapat. Hal itu menyulitkan pemadam menjangkau api pada rumah yang berada di bagian belakang.

Kebakaran yang membumihanguskan belasan rumah itu, diduga berasal dari salah satu rumah yang berada di pinggir jalan kawasan tersebut. Namun polisi masih melakukan penyelidikan terkait sumber api.

Editor: Dodo