Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyelidikan Penyebab Kebakaran di Tanjungsengkuang Tunggu Api Benar-benar Padam
Oleh : Romi Chandra
Senin | 19-01-2015 | 13:48 WIB
kebakaran_sengkuang_2015-1.jpg Honda-Batam
Pemadam kebakaran berjuang keras memadamkan api yang menghanguskan belasan rumah di Tanjungsengkuang. (Foto: Romi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran yang membumihanguskan belasan rumah di RT 01/RW 12 Tanjungsengkuang, Batuampar, diduga berasal dari salah satu rumah yang berada di pinggir jalan kawasan tersebut.

Menurut keterangan Siti, salah satu warga di lokasi, api berasal dari deretan rumah nomor tiga dari ujung, dari arah Mako Lanal Batam. Karena posisi rumah petak yang padat, api cepat merambat ke rumah lainnya.

"Kalau rumah yang di pinggir jalan, kalau tidak salah ada delapan pintu. Semua terbakar. Itu rumah kecil-kecil. Kalau ke belakangannya itu banyak mas, karena posisinya padat. Api dari rumah yang berada nomor tiga paling ujung kalau kita dari Lanal," kata Siti di lokasi, Senin (19/1/2015).

Dijelaskan Siti, rumah yang berada di pinggir jalan itu, ada yang menjual makanan serta warung-warung kecil lainnya. "Kemungkinan api dari kompor lagi masak. Tapi saya tidak tahu pasti. Kami melihat api sudah besar dan menyambar rumah lain," jelasnya.

Sementara itu, Waka Polsek Batuampar, AKP Yunita Stefani, yang berada di lokasi mengatakan, pihaknya hingga kini masih menyelidiki penyebab kebakaran. Ia juga menunggu pemadam kebakaran selesai memadamkan api, agar bisa dilakukan olah TKP.

"Kita belum tahu penyebab api. Kita akan lakukan olah TKP begitu api benar-benar padam. Yang jelas kita masih selidiki penyebabnya," pungkasnya.

Namun, informasi terkait adanya korban atau tidak masih simpang siur. Pewarta masih belum mendapatkan keterangan pasti terkait korban.

Berita sebelumnya, kebakaran hebat membumihanguskan belasan rumah yang berada RT 01/RW 12 Tanjungsengkuang Dalam, Kampung Tua, Batuampar, Senin (19/1/2015) siang.

Pantauan di lokasi, api yang diketahui berkobar sejak pukul 11.00 WIB itu, telah meratakan beberapa rumah. Kebakaran tersebut membakar rumah dari pinggir jalan hingga ke belakang yang berderet rapat. Hal itu menyulitkan pemadam menjangkau api pada rumah yang berada di bagian belakang.

Selain itu, sembilan mobil pemadam kebakaran juga sudah berada di lokasi unuk memadamkan api tersebut. Selain itu, warga juga berbondong-bondong membantu memadamkan api.

Editor: Dodo