Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Kendaraan Bongkar Muat Pipa

Truk Bermuatan Peralatan Rumah Tangga Terbalik di Simpang Jam
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 17-01-2015 | 17:31 WIB
truk oleng.jpg Honda-Batam
Truk pembawa barang-barang peralatan rumah tangga oleng di tikungan arah SPBU Simpang Jam. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah truk warna hijau bernomor polisi BM 8938 AG oleng dan akhirnya rebah di tikungan arah ke SPBU Simpang Jam, Sabtu (17/1/2015) sore. Tidak ada korban jiwa, namun barang-barang prabotan rumah tangga yang dibawa truk itu berserakan di pinggir jalan.

Sedangkan Budi, sopir truk, hanya memgalami luka ringan di tubuhnya. Ia langsung dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bross untuk diobati.

Pantauan di lokasi, truk itu bermuatan perabotan rumah tangga, seperti TV LCD ukuran besar, kulkas dan lainnya. Selain itu, juga terdapat makanan serta bumbu masakan yang dibungkus dalam kardus, seperti cokelat roti serta lainnya.

Informasi yang didapat, truk tersebut oleng akibat menghindari truk lainnya yang sedang membongkar muatan pipa untuk aliran air bersih di pinggir jalan. Karena terkejut ada mobil di depannya, Budi langsung membanting setir ke kanan.

Namun karena beban truk yang penuh dan berat, mengakibatkan sulit untuk dikendalikan. Alhasil, truk tersebut terguling. Posisinya truk tersebut rebah ke kanan, arah ke pinggir jalan sebelah kanan.

"Truk ini menghindari truk lainnya yang parkir dipinggir jalan karena lagi bogkar muatan pipa. Jalannya memang tikugan, sehingga melihat ada lawan di depan agak sulit," kata salah satu petugas Sat Lantas Polresta Barelang di lokasi, Sabtu sore.

Lebih lanjut lagi dijelaskan, truk ini memuat barang-barang kebutuhan rumah tangga untuk dibawa ke Tanjungpinang dari Batam melalui Pelabuhan Punggur. Namun sesampai di tikungan arah ke SPBU Simpang Jam, truk tersebut mengalami kecelakaan.

Dipastikan, sebagian barang-barang elektronik seperti TV dan kulkas rusak karena kejadian itu. "Barang-barang ini mau dibawa ke Punggur. Sepertinya ini pesanan dari supermarket yang berada di Tanjungpinang. Mereka membelinya di Batam, dan kemudian dibawa ke Tanjugpinang," tambah petugas itu.

Melihat kondisi barang-barang tersebut, banyak mengalami kerusakan dan diperakan mengalami kerugian yang besar.

"Truk ini akan kita amankan ke Mapolresta Barelang. Tapi sebelumnya barang-barang muatannya akan dipindahkan dulu ke truk lainnya dan tetap dibawa ke Punggur untuk dikirim ke Tanjugpinang. Untuk sopirnya kita juga belum mengetahui pasti bagaimana kondisinya," pungkas petugas tersebut.

Hingga pukul 17.00 WIB, terlihat beberapa orang tengah membongkar muatan truk untuk dipindahkan ke truk lainnya yang sudah disediakan. (*)

Editor: Roelan