Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dahlan Belum Tahu Kapan Implementasi Pemekaran Kecamatan
Oleh : Gabriel P. Sara
Sabtu | 17-01-2015 | 13:46 WIB
dahlan_baru.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana pemekaran 10 kecamatan di Batam sudah lama terdengar gaungnya. Namun demikian, Wali Kota Ahmad Dahlan belum bisa memastikan kapan pemekaran itu diimplementasikan.

"Memang sudah lama rencana itu, tapi kita belum tahu kapan. Tetap harus dimekarkan seiring dengan pertambahan penduduk," kata Dahlan di Sagulung, Sabtu (17/1/2015).

Selain waktu, Dahlan juga belum tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pemekaran tersebut. "Kalau dana pemekaran itu belum ada, dan kita belum tahu berapa besar dananya, karena pemekaran kecamatan itu bukan sedikit dananya, tapi memakan biaya yang cukup besar, Tapi kalau semuanya sudah clear akan kita sampaikan ke media berapa anggarannya," ujar Dahlan

Lanjutnya, ada beberapa kecamatan di Batam dengan jumlah penduduknya yang begitu banyak. Untuk itu pihaknya akan melakukan pemekaran terhadap kecamatan-kecamatan tersebut, salah satunya seperti kecamatan Sagulung yang jumlah penduduknya mencapai 160 ribu jiwa.

"Setiap tahun ada kenaikan penduduk, seperti Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Batam Kota, itu akan kita mekarkan menjadi tiga kecamatan. Untuk kecamatan lain, akan kita lihat jumlah penduduknya, kalau jumlahnya terlalu banyak kita mekarkan juga, intinya 10 kecamatan yang akan kita mekarkan," kata dia.

Tambahnya, tim kaji akademik yang dibentuk oleh Pemko Batam untuk menyurvei pemekaran kecamatan itu sudah ada. "Tim kita sudah survei ke setiap kecamatan untuk melihat jumlah penduduk di sana, dan hasil survei memang ada beberapa kecamatan yang jumlah penduduknya terlalu banyak, makanya akan kita mekarkan lagi," tutup Dahlan.

Editor: Dodo