Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Ayam Potong Hasil Peternak di Dabo Dijual Lebih Mahal
Oleh : Nurjali
Rabu | 14-01-2015 | 10:58 WIB
daging_ayam.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Harga ayam potong lokal di Pasar Dabosingkep lebih tinggi dari harga ayam yang berasal dari luar Dabo. Untuk harga ayam lokal per kilogramnya dijual 40 ribu, sementara harga ayam potong dari luar Dabo dijual dengan harga Rp35 ribu. 

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Dabosingkep, Isnin mengatakan perbedaan harga ayam potong dari luar Dabo dan ayam lokal ini dikarenakan ayam potong yang dikirim dari Tanjungpinang sudah dibekukan dengan es. Sementara untuk ayam lokal kebanyakan dagingnya masih segar.

"Ayam lokal itu dipotong pada subuh hari, kalau ayam dari luar itu biasanya sudah beberapa hari dan sudah dibekukan cukup lama sehingga dagingnya tidak begitu segar lagi," katanya. 

Namun para penjual ayam potong ini, mengaku jika hanya mengandalkan daging ayam dari lokal saja, tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pembeli karena sangat terbatas produksinya. Jadi untuk memenuhi kebutuhan pembeli kebanyakan para pedangang mengambil ayam dari luar Dabo. 

Para pedagang ini mengaku dalam seharinya para pedagang ini dapat menjual ayam potong ini antara 10-20 kilogram per harinya. Jumlah konsumen akan meningkat jika daging ikan mengalami kelangkaan di pasar.

Editor: Dodo