Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Vertigo dan Cara Mengatasinya
Oleh : Redaksi
Senin | 12-01-2015 | 13:55 WIB
sakit_kepala.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Vertigo adalah jenis nyeri kepala yang disertai keluhan pusing berputar-putar disertai kehilangan keseimbangan saat berdiri dan berjalan. Beberapa hal yang menjadi penyebab vertigo adalah perubahan posisi kepala yang tiba-tiba. Sebut saja langsung duduk setelah sebelumnya berada dalam posisi tidur. 

Nah, beberapa gejala vertigo antara lain pusing seakan sedang berputar-putar, kehilangan keseimbangan, sensitif bila melihat cahaya atau terasa pusing, dan mual bisa disertai muntah.

Dokter akan memberikan obat vertigo berdasarkan gejala vertigo dan penyebab vertigo. Berikut ini adalah cara mengatasi vertigo:

BPPV
Menurut jurnal kesehatan, Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah vertigo yang disebabkan adanya fragmen (pecahan) kecil pada saluran telinga. Keluhan BPPV dapat berkurang sendiri dalam beberapa minggu atau bulan. Akan tetapi, hal ini bisa berbeda-beda pada setiap penderita.

Salah satu cara mengatasi vertigo jenis ini adalah Epley maneuver. Caranya, mengubah kepala dengan posisi tertentu supaya fragmen di saluran telinga bisa berubah posisinya atau berpindah tempat sehingga gejala vertigo tidak muncul kembali. 

Epley maneuver melibatkan empat gerakan kepala yang berbeda. Nah, setiap posisi kepala dilakukan selama 30 detik. Saat melakukan Epley maneuver, Anda mungkin mengalami beberapa vertigo. Cara ini membutuhkan waktu sekitar 2 minggu hingga vertigo benar-benar pulih. 

Vestibular neuronitis dan Labyrinthitis
Latihan keseimbangan atau vestibular rehabilitation digunakan untuk mengobati neuronitis vestibular (infeksi atau peradangan pada saraf vestibular) akut atau labyrinthitis (infeksi pada telinga dalam atau labirin yang meradang). 

Vertigo jenis ini biasanya disebabkan infeksi virus dan akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Akan tetapi, jika Anda mengalami gangguan pendengaran, dokter akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Migrain vestibular
Vertigo yang berhubungan dengan migrain vestibular biasanya diatasi dengan pemeriksaan dokter yang akan  membantu Anda mencari tahu serta menghindari pemicu serangan vertigo. 

Gangguan kecemasan
Dalam hal ini, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat atau melakukan psikoterapi, baik salah satu atau keduanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi kecemasan dan mengelola nyeri kepala yang menyerang Anda.  

Vertigo sentral
Penyebab vertigo sentral adalah masalah di bagian otak, misalnya pada otak kecil atau batang otak (bagian bawah otak yang terhubung ke tulang sumsum belakang). Penyebab vertigo sentral termasuk nyeri kepala sebelah (migrain) atau tumor otak.

Nah, jika dokter mencurigai adanya vertigo sentral, dokter akan melakukan CT-scan atau merujuk pada dokter spesialis yang berkompetensi menanganinya. 

Sumber: meetdoctor.com