Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toyota Izinkan Ribuan Hak Patennya Digunakan Secara Gratis
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-01-2015 | 14:47 WIB
toyota_mirai_isi_bahan_bakar.jpg Honda-Batam
Mirai, sedan andalan Toyota berbahan bakar bakar sel. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM - TOYOTA menyatakan akan memberikan ribuan paten bahan bakar sel mobil secara gratis. Kebijakan tersebut sebagai upaya untuk mendorong produsen mobil lainnya ke dalam industri baru.

Produsen kendaraan terbesar di dunia itu menyatakan, kemungkinan sebanyak 5.680 hak paten boleh digunakan tanpa royalti, termasuk 1.970 paten yang berkaitan dengan fuel-cell stack dan 3.350 tentang teknologi sistem kontrol sel bahan bakar.

Selain itu, lisensi paten yang bisa digunakan secara bebas mencakup 290 item yang terkait dengan tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Pemberian lisensi bebas biaya itu diawali dengan pengenalan kendaraan berbahan bakar sel (FCV), dan diharapkan bisa bertahan sampai 2020.

"Dengan memungkinkan penggunaan paten FCV berlisensi yang bebas royalti, Toyota akan satu langkah lebih jauh karena bertujuan untuk mempromosikan penggunaan FCV secara luas dan secara aktif memberikan kontribusi pada terwujudnya masyarakat berbasis hidrogen," kata Toyota dalam sebuah pernyataan .

Pernyataan itu juga mengemuka setelah Toyota pada bulan lalu meluncurkan mobil berbahan bakar sel untuk produksi massal pertama di dunia dengan empat pintu, sedan Mirai. (*)

Editor: Roelan