Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejak Natal, Harga Telur di Lingga Masih Mahal
Oleh : Nurjali
Rabu | 07-01-2015 | 12:57 WIB
telur ayam.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Harga telur ayam negeri di pasar tradisional Lingga terus mengalami kenaikan. Sejak menjelang natal hingga pekan pertama Januari 2015, harga telur masih bertengger di harga yang tinggi.

Dari pantauan, pada sebelum Natal lalu, harga telur di Lingga masih di kisaran Rp1300 per butir. Namun, hingga Rabu (7/1/2015), harganya masih berada di Rp2000 per butir.

Salah satu pedagang di Pasar Dabo, Ace mengatakan kenaikan harga telur ini sudah dikeluhkan sejumlah pembeli. Namun harga ini menurutnya sudah sesuai dengan harga yang diambilnya di agen, sehingga dirinya terpaksa menaikkan harga agar tidak mengalami kerugian. 

"Kami ambil di Agen sudah tinggi, harganya jadi kita naikan hanya seratus dua ratus saja, supaya tidak rugi," kata Ace.

Demikian juga dengan salah satu Agen penyalur Telur Ayam negeri 

Sementara, Asen yang merupakan agen telur di Lingga mengaku penyebab kenaikan harga tersebut karna pasokan telur dari luar Dabo minim. Selain itu cuaca buruk juga menjadi penyebab karna beberapa kapal yang biasa membawa barang makanan dari Jambi tidak berani berlayar. 

"Kita ambil dari sana juga sudah naik harganya, katanya saat ini pasokan telur berkurang sehingga yang kebutuhan telur yang kita minta tidak bisa mereka penuhi, dan yang ada harganya mereka naikan juga," kata Asen. 

Berbeda dengan wilayah di Indonesia yang menjual dengan hitungan per kilogram, telur di Lingga dijual dengan harga per butir dan pola ini sudah berlangsung lama.

Editor: Dodo