Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penataan Kawasan Jodoh dan Nagoya Dimulai Maret 2015
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 06-01-2015 | 19:00 WIB
Nagoya.jpg Honda-Batam
Kawasan Nagoya dan Jodoh bakal ditata mulai Maret mendatang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pekerjaaan Umum (PU) tahun 2015 akan mulai melakukan penataan kawasan Jodoh dan Nagoya pada Maret mendatang. Penataan itu difokuskan pada pelebaran jalan untuk mengurangi kemacetan.

Kepala Dinas PU Kota Batam, Yumasnur mengatakan selain pelebaran jalan menjadi dua lajur pada awal tahun, di kawasan Jodoh dan Nagoya juga akan dilakukan perbaikan drainase dan juga penghijauan di sejumlah ruas jalan yang akan diperlebar.

"Mulai maret akan dilakukan pelebaran jalannya untuk Jodoh karena jalur tersebut padat saat jam tertentu," ujar Yumasnur kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (6/1/2015).

Yumasnur menjelaskan pelebaran jalan diawal tahun dimulai jalan Raja Ali Haji atau dari bundaran Hotel Nan Tongga menuju Hotel Planet berbelok kanan menuju masjid Baitussyakur lurus menembus Hotel Panorama.

"Untuk jalan tersebut. Saat ini di kiri dan kanan masing-masing ada dua lajur maka akan diperlebar kita jadikan tiga lajur, sehingga kondisi kemacetan di ruas jalan tersebut bisa diatasi," kata dia.

Namun demikian meskipun akan diperlebar Yumasnur berharap aktivitas  pedagang kaki lima atau pemilik papan reklame yang ada di kiri maupun kanan jalan untuk secepatnya dibersihkan. Sehingga tim terpadu tidak perlu turun dan melakukan penggusuran. 

"Sekarang proyek tersebut masih dalam proses lelang sambil menunggu proses lelangnya, kalau pedagang kaki lima belum pindah hinggga Maret mereka akan digusur oleh tim terpadu," kata Yumasnur.

Setelah melakukan pelebaran jalan di Jodoh, Dinas PU kembali akan melakukan pelebaran jalan di Nagoya. Kawasan pasar dekat Sarijaya Hotel akan ditingkatkan jalannya dan dirapikan serta membuat dua jalur.

Kemudian persimpangan Lippo Bank menuju Pelita yang melewati i Hotel dan Sekolah Ibnu Sina akan dijadikan dua jalur. Semua jalan tersebut nantinya akan dilengkapi pedestrian dan ruang untuk taman.

"Semua ini pengerjaanya secara bertahap. Kalau tahun ini jalan dulu, kedepan drainase jadi dia bertahap. Perubahan total jalan Nagoya dan Jodoh ini untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat Batam. Sebab, jalan-jalan tersebut saat ini padat pada jam-jam tertentu," pungkasnya.

Editor: Dodo