Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pedagang Ikan di Pinggir Jalan Kian Ramai Sebabkan Pasar Ikan Dabo Sepi Pembeli
Oleh : Nurjali
Selasa | 23-12-2014 | 16:46 WIB
pasar_ikan_dabo.jpg Honda-Batam
Pasar ikan Dabosingkep yang sepi pembeli. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pedagang ikan di Pasar Dabo berharap pemerintah daerah menertibkan pedagang ikan kios-kios pinggir jalan dan di kaki lima. Selain menggunakan badan jalan, minat masyarakat ke pasar ikan juga menurun.



"Dulu pernah ditertibkan sama Pak Camat yang lama, dan omset kami lumayan naik. Tapi sekarang pedagang ikan kembali berjualan di badan jalan. Pasar ini jadi sepi. Untuk itu kami minta pemerintah memperhatikan hal ini," kata Samin, salah satu pedangang di Pasar Dabo, Selasa (23/12/2014).


Meskipun stok ikan segar di Pasar Dabo masih stabil, namun omset pedagang pasar semakin menurun. Kebanyakan pedagang yang berjualan di luar pasar membawa ikan dari luar Dabo dan dijual dengan harga jauh lebih murah. Padahal ikan yang dijual di pasar merupakan ikan segar yang berasal dari nelayan di Pelabuhan Dabosingkep.


"Ada yang ambil ikan di luar. Katanya harganya lebih rendah. Tapi yang namanya ikan dari luar pasti sudah beberapa kali di peti es. Kalau ikan yang dipasar ini rata-rata dari nelayan sekitar dan ikannya juga masih segar," katanya.


Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga, Muzammil Ismail, yang dikonfirmasi, mengaku tidak bisa melarang masyarakat yang akan berjual ikan di mana saja. Namun menurutnya beberapa masyarakat lebih memilih membeli ikan di kios-kios pinggir jalan karena harganya lebih murah dibandingkan di dalam pasar.


"Saya kira tidak ada salahnya masyarakat berjualan di kios, dan yang membeli tentunya mencari harga yang murah. Kalau kita tidak ada masalah," kata Muzammil. (*)


Editor: Roelan