Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

716 TKW Bermasalah Dideportasi dari Malaysia Pakai Hercules TNI AU
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 23-12-2014 | 14:14 WIB
hermono_tempo.jpg Honda-Batam
Hermono, Wakil Dubes RI untuk Malaysia,. (Foto: Tempo.co)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 506 orang Tenaga Kerja Wanita Bermasalah (TKWB) di Malaysia direncanakan dideportasi ke Indonesia hari ini, Selasa (23/12/2014).

Dijadwalkan, ratusan TKWB ini diberangkatkan dari Subang Air Port Malaysia menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan menaiki pesawat Hercules milik TNI AU sekitar pukul 13.00 waktu setempat, atau pukul 12.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Pemulangan tenaga kerja wanita yang bermasalah dari Malaysia hari ini secara bertahap. Total semuanya berjumlah 506 orang. Kita berangkatkan menggunakan pesawat Hercules," kata Hermono, Wakil Dubes RI di Kualalumpur, Selasa siang.

Pemulangan tersebut lanjutnya, langsung dikawal oleh pihak kedutaan Indonesia dari Kualalumpur. Mereka merupakan tahanan Imigrasi Malaysia.

"Total keseluruhan yang bermasalah sebanyak 716 orang. Hari ini dipulangkan 506 orang dan sisanya 210 orang lagi rencananya besok, Rabu (24/12/2014)," tambahnya.

Ditambahkan Hermono, para TKWB ini kebanyakan berasal dari daerah Jawa, Aceh, Medan dan Riau. Selain itu, juga ada yang dari Kepulauan Riau.

"Rata yang bermasalah itu kesandung soal keimigrasian. Kebanyakan mereka dari Jawa Timur, Aceh dan Medan. Dari Riau dan Kepulauan Riau juga ada. Kemungkinan nanti juga ada penambahan, tapi untuk sekarang yang akan dipulangkan 716 orang dulu," pungkasnya.

Editor: Dodo