Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Efektif Menghilangkan Panu
Oleh : Redaksi
Senin | 22-12-2014 | 11:45 WIB
bawang putih.jpg Honda-Batam
Bawang putih, salah satu obat tradisional untuk menghilangkan panu.

BATAMTODAY.COM - Panu merupakan penyakit yang banyak ditakuti orang. Walaupun panu bukanlah penyakit yang mematikan, panu bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang dan selalu diidentikkan sebagai orang yang tidak dapat menjaga kebersihan.
 

Panu merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh jamur yang biasanya muncul saat seseorang berada di udara yang panas dan lembap. Panu menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit yang biasanya berukuran kecil dengan bentuk yang tidak beraturan dan berwarna putih, pink atau coklat tua tergantung warna kulit penderita.
 
Tak hanya itu, panu yang dapat membuat kulit gatal dan disebabkan oleh jamur malassezia itu  akan menimbulkan kulit bersisik dan menghambat produksi normal pigmen di kulit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan panu secara alami dengan ini:

1. Tea tree oil
Minyak pohon teh adalah salah satu obat yang umum dan cukup efektif terhadap berbagai infeksi kulit. Anda bisa menggunakan sedikit minyak pohon teh sekali dalam sehari selama dua minggu. Namun, perlu diingat kalau minyak pohon teh cukup kasar pada kulit. Jika kulit Anda sensitif, Anda harus menambahkan air sebelum mengoleskannya pada panu Anda.

2. Bawang putih
Salah satu cara termudah menghilangkan panu adalah dengan memakai bawang putih. Anda dapat mengambil satu siung bawang putih lalu diiris menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkan bagian bergetah di atas kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin pagi dan sore hari setelah mandi hingga panu hilang.

3. Lidah buaya
Lidah buaya bukan hanya dipercaya dapat menyuburkan rambut. Meskipun tidak dapat menghilangkan jamur, lidah buaya dapat membantu melawan iritasi kulit akibat ruam. Ambil daun lidah buaya satu batang kemudian belah menjadi dua dan gosokkan lendirnya pada area kulit yang terinfeksi jamur. Biarkan kering dan bilas dengan air hangat.

4. Sari cuka apel
Sari cuka apel diyakini efektif untuk menghilangkan panu. Anda dapat mencampurkan satu sendok teh sari cuka apel ke dalam secangkir air dan dioleskan pada daerah kulit yang terkena panu.
 
Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan panu dari tubuh. Namun, jika panu Anda sudah terlalu lama dan semakin menimbulkan rasa gatal segera kunjungi dokter agar mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sumber: meetdoctor.com