Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri dan PWI Beri Pelatihan Kehumasan
Oleh : Hadli
Kamis | 18-12-2014 | 19:58 WIB
DSCN2790_edit_edit.JPG Honda-Batam
Pelatihan kehumasan di Mapolda Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bersinergi dengan Polda Kepulauan Riau, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberikan pelatihan kehumasan pada jajaran kepolisian, TNI, perusahaan, Bea dan Cukai untuk memperluas bekal menanggapi wartawan yang membutuhkan informasi publikasi.

"Humas merupakan corong dari lembaga atau perusahaan yang berfungsi memberikan informasi termasuk kepada pewarta untuk kepentingan pemberitaan. Jadi harus bersinergi, agar terjalin komunikasi yang baik," kata Sekretaris PWI Kepri, Saibansah Dardani usai memberikan materi di Rupatama Mapolda Kepri, Kamis (18/12/2014). 

Ditambahkannya, selama ini masih banyak informasi yang ditutup-tutupi oleh instansi maupun perusahaan. Hal itu, katanya, bukan dikarenakan informasi tersebut rahasia, akan tetapi dikarenakan ketidakpahaman pejabat humas untuk menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat sehingga menghambat kerja pewarta dalam publikasi. 

"Hal-hal seprti ini yang harus disinkronkan. Sehingga informasi tersebut tersampaikan secara baik ke masyarakat khususnya melalui pemberitaan pada media massa," jelasnya. 

PWI, kata dia, sudah sering menerima aduan yang dinilai kinerja pewarta dianggap tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik atas pemberitaan yang tidak seimbang. Padahal, tidak semua pewarta, namun ada kalanya instansi dan perusahaan yang menghindar. 

Untuk meminimalisasir hal tersebut, tambahnya PWI dan lembaga berwenang lain terus melakukan uji kompetensi agar wartawan tahu cara mencari data, menulis berita dan menyajikannya sesuai dengan kenyataan.

"PWI Kepri juga sudah menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia yang pertama, dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Itu salah satu bentuk upaya memberikan pendidikan pada wartawan," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber Ketua KPID Kepri Azwardi yang banyak memaparkan mengenai komplain dari lembaga atau instansi yang diberitakan oleh media. 

Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono mengatakan, dengan adanya narasuber dari PWI dan KPID Kepri diharapkan wawasan pejabat humas atau stafnya dapat dapat mengerti sebagaimana poksinya menerangkan yang dibutuhkan pewarta.

"Dengan demikian pelatihan yang diberikan, Kami ingin pejabat humas atau stafnya khusunya di Polda Kepri dan jajaran Polres di Kepri bisa memahami tugas wartawan dan memberikan informasi yang sesuai," tutupnya. 

Editor: Dodo