Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karyawan KIB Lobam Keluhkan Bau Busuk Menyengat
Oleh : Harjo
Kamis | 18-12-2014 | 12:57 WIB
bau_busuk.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sejumlah karyawan yang bekerja di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, mengeluhkan bau busuk yang menyengat tajam pada Rabu (17/12/2014) malam.

"Kami tidak mengetahui itu bau apa dan dari mana asalnya, tetapi baunya sangat menyengat di hidung dan membuat perut menjadi mual," ungkap salah seorang karyawan KIB Lobam, Basri, kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Kamis (18/12/2014).

Basri menjelaskan, bau yang tidak sedap tersebut dirasakan sekitar dua jam, mulai sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Sejumlah karyawan sempat mencoba mencari sumber bau yang mirip pakan ayam busuk itu.

"Kami bersama sejumlah karyawan lain, sempat mencoba mencari asal bau tersebut. Namun belum mengetahui asalnya, bau tersebut perlahan menghilang, tapi kami menyakini bau tersebut bersumber dari perusahaan dan baunya terbawa oleh angin. Karena di sejumlah parit, kami tidak menemukan hal yang aneh," ujarnya Basri yang diamini oleh sejumlah karyawan lainnya.

Basri berharap kepada pihak pengelola kawasan industri, untuk melakukan kroscek terkait adanya bau menyengat yang menganggu kesehatan karyawan lainnya. Karena bau tersebut sangat mengganggu aktivitas bekerja para karyawan.

"Kita minta pegelola kawasan untuk selalu melakukan pengawasan, karena bisa jadi hal tersebut adalah limbah dari produksi salah satu perusahaan yang ada di dalam kawasan," harapnya.

Sementara itu, manajemen PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) selaku pengelola KIB Lobam belum menjawab konfirmasi terkait bau menyengat ini.

Editor: Dodo