Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Kata yang Paling Sering Dicari di Google Tahun 2014
Oleh : Redaksi
Kamis | 18-12-2014 | 11:19 WIB

BATAMTODAY.COM - Situs pencarian Google mengeluarkan daftar tahunan dari kata yang paling sering dicari sepanjang tahun 2014. Robin Williams menjadi kata paling dicari di dunia, sementara di Indonesia adalah Jokowi.

Di Australia, kata yang paling banyak dicari di situs google adalah 'World Cup' atau Piala Dunia.

Di Indonesia, setelah 'Jokowi', kata-kata yang paling banyak dicari adalah 'Prabowo', 'CPNS 2014', 'ISIS', dan 'Sakitnya Tuh Disini', seperti yang dilaporkan The Wall Street Journal.

Inilah 10 kata paling banyak dicari di dunia lewat situs Google sepanjang tahun 2014.

1. Robin Williams
Robin Williams ditemukan meninggal pada bulan Agustus 2014 di rumahnya di kawasan Kalifornia, Amerika Serikat. Kematiannya mengejutkan industri hiburan. Sejumlah rekan sesama bintang film dan penggemarnya di seluruh dunia memperingati kematiannya.

2. Piala Dunia
Jerman memenangkan Piala Dunia 2014 mengalahkan Argentina, dalam babak final yang digelar di Brazil. Kemenangan Jerman menjadi kemenangan pertama negara dari benua Eropa yang menang dalam pertandingan Piala Dunia yang digelar di benua Amerika.

3. Ebola
Dalam wabah yang diperkirakan terburuk dalam sejarah ini, 7000 orang sudah meninggal duinia di kawasan yang paling parah, yaitu Liberia, Guinea dan Sierra Leone di Afrika Barat dimana mereka masih berusaha menanggulangi penyebaran virus tersebut.

4. Malaysia Airlines
Malaysia Airlines, maskapai penerbangan nasional milik Malaysia mengalami dua kecelakaan di tahun 2014. Penerbangan MH370 yang hilang masih terus dicari dan diselidiki. Sementara penerbangan MH17 yang ditembak kelompok separatis di kawasan Ukraina pada bulan Juli terus berlanjut. 

5. 'ALS ice bucket challenge', Tantangan Disiram Es
Tantangan menyiram diri dengan satu ember berisi es dimaksudkan untuk menggalang dana bagi penderita motor neuron, atau gangguan pada saraf motorik. Kampanye untuk penggalangan dana ini menyebar ke seluruh dunia lewat jejaring sosial. Mereka merekam dirinya dibanjur satu ember es, kemudian videonya diunggah ke jejaring sosial.

6. Flappy Bird
Permainan ini menjadi sensasi di internet, tetapi akhirnya, Dong Nguyen, pencipta permainan asal Vietnam menariknya dari iTunes. Penarikan permainan ini dilakukan Nguyen karena ia merasa bersalah pada permainan yang menyebabkan banyak orang kecanduan.

7. Conchita Wurst
Conchita Wurst menjadi terkenal karena penampilannya. Ia berpenampilan wanita tetapi memiliki kumis dan janggut. Penampilannya di  lomba musik Eurovision 2014 telah ditonton oleh 180 juta orang. Wurst mengatakan penampilannya ini adalah sebagai bentuk kemenangan atas bentuk ketidaktoleranan. Eurovision menegaskan bahwa tema utama tahun 2014 adalah toleransi bagi banyak orang atau kelompok.

8. ISIS
Kelompok yang dicap sebagai kelompok maut global ini dikenal dengan bendera hitam bertuliskan Arab dan banyak diberitakan telah melakukan sejumlah kejahatan, seperti pemenggalan kepala pada korban tak bersalah. ISIS, atau Negara Islam Irak dan Suriah, juga terlibat konflik di dua negara tesebut. 

9. Frozen
Salah satu lagu dari film Frozen, Let It Go menjadi salah satu lagu paling populer dalam sejarah. Film yang hits di tahun 2013 menjadi sangat populer bagi anak-anak di seluruh dunia.

10. Sochi Olympics, Olimpiade Musim Dingin
88 negara berpartisipasi dalam sejumlah cabang olahraga di Olimpiade Musim Dingin 2014, yang digelar di Sochi, Rusia.

Rusia menjadi pemenang Olimpiade Musim Dingin 2014 ini dengan 13 emas, sementara Norwegia di posisi kedua dengan 11 emas, dan Kanada di posisi ketiga dengan raihan emas sebanyak 10 medali.

Sumber: ABC Radio Australia