Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PAD Turun, Bupati Lingga Minta SKPD Maksimalkan Kinerja
Oleh : Nurjali
Kamis | 18-12-2014 | 10:38 WIB
bupati-lingga-daria1-600x330.jpg Honda-Batam
Bupati Lingga, Daria. (Foto: kabarlingga.com)

BATAMTODAY.COM, Daik - Pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lingga pada tahun 2014 turun dibanding tahun lalu. Karena itu Bupati Lingga, Daria, akan mengupayakan agar PAD di tahun 2015 mendatang meningkat dengan memaksimalkan kinerja seluruh SKPD.

"Meskipun PAD kita hanya Rp21 miliar lebih ditahun ini, namun ini merupakan kerja maksimal dari pemerintah daerah. Dan hal ini harus dimaksimalkan lagi di tahun yang akan datang dengan lebih mengoptimalkan kinerja SKPD bersangkutan," kata Daria dalam rapat paripurna penyampaian nota keuangan di DPRD Lingga, Rabu (18/12/14) petang.

Pada 2013,  PAD Kabupaten Lingga sebesar Rp27 miliar dan turun sekitar Rp6 miliar di tahun 2014 ini.

Sementara itu anggota Banggar dari PDI Perjuangan, Adina Putra, menyampaikan bahwa DPRD Lingga menerima nota keuangan RAPBD tahun 2015 sesuai dengan yang telah disampaikan oleh Bupati Lingga pada KUA- PPAS yang lalu sebesar Rp860,34 miliar. Anggaran itu terdiri dari proyeksi PAD Rp21 miliar, dana perimbangan Rp72 mliar, sumber lain-lain dari pendapatan yang sah sebesar Rp87 miliar, Silpa dari tahun 2014 sebesar Rp35 miliar.

Sementara belanja tidak langsung sebesar Rp437 miliar, serta peneyertaan modal Rp1 miliar. Selebihnya merupakan belanja langsung daerah.

"Kami menerima usulan pemerintah RAPBD tahun 2015 sebesar Rp860,34 miliar dan kita harapkan untuk selanjutnya akan dibahas bersama-sama untuk disahkan menjadi APBD Kabupaten Lingga tahun 2015," kata Adina.

Sebelumnya Ketua DPRD Lingga, M Nizar, berjanji akan mengupayakan beberapa terobosan untuk meningkatakan PAD melalui fungsi legislasi dengan menerbitkan peraturan daerah yang pro-ekonomi rakyat.

"Untuk meningkatkan kinerja pemerintah, kita melalui legislatif akan berusaha meningkakan beberapa sumber PAD kita, seperti meningkatkan pajak bumi dan bangunan, perda tentang tower dan perda tentang IMB (izin mendirikan bangunan, red), serta sumber lainnya sesuai dengan tupoksi dari DPRD Lingga selaku legislatif," kata Nizar kepada BATAMTODAY.COM, belum lama ini. (*)

Editor: Roelan