Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilot Tiger Airways Pilih Hang Nadim untuk Latihan Terbangkan Airbus A320
Oleh : Hadli
Rabu | 17-12-2014 | 10:35 WIB
Tiger-Airways-NEW-EDITED.jpg Honda-Batam
(Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Landasan pacu terpanjang se- Asean dengan pajang mencapai 4,025 kilometer milik Bandara Internasional Hang Nadim Batam dipilih maskapai asal Singapura Tiger Airways sebagai tempat latihan pilot-pilotnya untuk meningkatkan kemampuan menerbangkan pesawat Airbus A320.

"Izin kami berikan untuk training flight (touch and go) dengan pesawat Airbus A320/9V-TAS. Penerbangan dilakukan pada saat jam-jam tertentu," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Selasa (16/12/2014). 

Ia menambahkan pesawat Airbus A320/9V-TAS yang dijadikan pesawat latih untuk pilot maskapai Tiger Airways melakukan beberapa kali take off dan landing. 

"Hari ini (Selasa) ada satu pesawat yang telah resmi melakukan latihan disini (Hang Nadim Batam). Pesawat tersebut, mendarat terbang lagi, putar dan mendarat untuk terbang lagi hingga beberapa kali," kata Suwarso.

Ditambahkannya, landasan pacu Hang Nadim dipilih untuk latihan karena dengan pajang mencapai 4,025 kilometer dinilai sangat aman untuk ujicoba walaupun saat ini jumlah penerbangan mencapai sekitar 120 kali per hari.

"Izinya hanya saat jam penerbangan sepi agar tidak mengganggu jadwal penerbangan reguler. Saat ramai tentu tidak kami berikan izin," kata Suwarso.

Perlu diketahui, maskapai Tiger Airways merupakan maskapai berbiaya rendah asal Singapura yang berdiri sejak 2003 dengan mengoperasikan Airbus A320 dalam armadanya. Perusahaan ini  juga sempat menggandeng pengusaha Indonesia untuk menghidupkan kembali Mandala dengan nama Mandala Tiger namun akhirnya tutup.

Editor: Dodo