Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang di Pelabuhan Sekupang Diprediksi Turun

Jelang Natal dan Tahun Baru, Batam Jet dan Dumai Express Akan Berangkat Lebih Pagi
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 16-12-2014 | 15:01 WIB
mudik-imlek-sekupang.jpg Honda-Batam
Feri di pelabuhan Sekupang Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, pada libur Natal dan Tahun Baru diprediksi menurun dibanding tahun sebelumnya. Kendati demikian, feri Batam Jet dan Dumai Expres yang melayani pelabuhan tersebut akan berangkat lebih pagi.

"Jumlah penumpang akan turun 5 persen di hari Natal dan Tahun Baru dibanding tahun lalu. Diprediksi kenaikannya hanya  10 persen. Tahun lalu jumlah penumpang naik sampai 15 persen. Ini imbas kenaikan harga BBM karena keseluruhan harga naik," ujar Togo Simorangkir, Togu Simorangkir, direktur feri Batam Jet, kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (16/12/2014).   

Menurutnya, kenaikan 10 persen itu hanya berlaku pada agen tiket Batam Jet dan Dumai Exprres karena kenaikannya hanya berlaku untuk tujuan Tanjungbalai Karimun, Selat Panjang dan Dumai. 

Dia juga mempediksi, lonjakan penumpang mulai terlihat pada H-5, tepatnya pada hari Minggu (21/12/2014). Pasalnya, calon penumpang sudah banyak yang memesan tiket untuk hari itu ke agen Batam Jet.

"Sampai hari ini belum terlihat, tapi biasanya kenaikan jumlah penumpang pada H-5 menjelang hari Natal," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mengantipasi kenaikan jumlah penumpang itu, Batam Jet dan Dumai Experes akan berangkat lebih cepat dibanding jadwal di hari biasa. Perubahan jadwal tersebut saat pagi hari untuk menimalisir telantarnya penumpang.

"Biasa Batam Jet I berangkat pertama kali pukul 07.45 WIB. Tapi saat Natal nanti akan dipercepat menjadi pukul 06.30 WIB untuk mengantipasi terlantaranya para penumpang di Pelabuhan Sekupang," jelasnya.

Selain mempercepat jadwal keberangkatan, Batam Jet dan Dumai Expres juga akan menambah armada. "Batam Jet akan tambah satu kapal sehingga menjadi tiga dengan kapasitas masing-masing 244 penumpang. Untuk Dumai Expres akan menambah dua kapal," terangnya. (*)

Editor: Roelan