Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awas, Malware Rusia telah Infeksi 100.000 Situs Wordpress
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-12-2014 | 13:46 WIB

BATAMTODAY.COM - SEBUAH malware Rusia bernama "SoakSoak" dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 100.000 situs Wordpress sejak pekan ini. Serangan itu telah mengubah blog tersebut menjadi platform serangan.

Google seperti dilansir gizmodo, pun telah memblokir 11.000 domain sebagai upaya untuk mencegah kerusakan. Menurut perusahaan keamanan Sucuri, malware menggunakan celah yang rentang pada plug-in slideshow yang disebut Slider Revolution.

Tim Slider Revolusi juga sudah tahu celah yang rentan itu sejak September, namun sepertinya mereka gagal untuk memperbaikinya sebelum lubang keamanan itu diserang malware.

Para peneliti di Sucuri memperingatkan bahwa akan benar-benar sulit untuk memberantas malware, apalagi banyak pemilik situs tidak tahu adanya malware di situs mereka. Selain menghapus kode berbahaya, mereka perlu memperbarui plug-in yang premium.

Jika plug-in itu berupa tema, tidak akan bisa dilakukan update secara otomatis, yang berarti admin situs akan harus memperbarui secara manual.

Situs game Dulfy adalah salah satu domain yang terinfeksi pertama untuk memperbaiki masalah dengan menghapus kode dan bersembunyi di belakang firewall, tetapi mungkin bertahan di blog jika administrator kurang rajin memantau.

Lebih dari 70 juta situs menggunakan Wordpress sebagai sistem manajemen konten, dari blog pribadi hingga situs terkenal seperti Time.com. Serangan malware ini hanya mempengaruhi situs dengan host sendiri yang menggunakan Wordpress. Jadi, blog pribadi di Wordpress.com masih aman dari serangan.  (*)

Editor: Roelan