Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terkendala Cuaca dan Material dari Jakarta

Progres Jembatan I Dompak Minus 6 Persen Dari Target Kontrak 2014
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 16-12-2014 | 09:14 WIB
sani-sidak-jembatan1.jpg Honda-Batam
Gubernur HM. Sani dan rombongan saat mininjau pembangunan Jembatan I Dompak. (Foto: Charles Sitompul/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Terkendala Cuaca dan material box girder yang belum terangkat dari Jakarta, progres pelaksanaan proyek Jembatan I Tanjungpinang-Dompak, yang menelan dana Rp260 miliar dalam kontrak proyek multi years selama dua tahun, kembali tidak tercapai atau minus 6 persen dari 50 persen yang direncanakan sesuai dengan skedul kontrak PT Wijaya Karya (Wika).

Demikian dikatakan, Manajer Proyek Jembatan I Dompak, Adhi Priyanto Putro kepada Gubernur Provinsi Kepri HM. Sani yang meninjau pembangunan jembatan tersebut, Senin (15/12/2014).

"Dari dua tahun masa pelaksanaan kontrak pekerjaan, PT Wijaya Karya awalnya merencanakan 46-50 persen pekerjaan akan siap diakhir Desember 2014. Namun kenyataanya, 35 persen rogress rencana, hingga saat ini baru 29,57 persen yang terlaksana dalam 6 bulan," ujar Adhi Priyanto.‎

Namun dengan telah tersedianya seluruh material di lokasi, begitu juga balog grider, dalam waktu dekat ini akan segera dilakukan pengecoran di sisi balok tiang sebelah Tanjungpinang, dengan harapan diakhir Desember 2014 target progres dari pekerjaan akan tercapau hingga 46 persen.

Dari total 45-46 persen progres yang direncanakan selesai hingga akhir Desember 2014, diakui Adhi Priyanto, 65 Persen diantaranya merupakan mobiltas dan ketersediaan material di lokasi. Sedangkan pekerjaan fisik baru mencapai 35 persen.

"Harus kami akui, memang kendala utama yang kami hadapi di awal pekerjaan adalah pemasangan tiang pancang pondasi jembatan, karena di bawah dasar laut terdapat granit. Sehingga dalam mendirikan tiang pancang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit," ujarnya.

Slain mendapat perhatian dari Dirut PT Wika, pelaksanaan pekerjaan Jembatan I Dompak, sebelumnya akan dikebut dari tiga sisi, yang meliputi sisi dari arah Tanjungpinang, Dompak serta bagian tengah.

"Namun dalam pekerjaan yang kami lakukan,selain Tekstrur tanah yang memiliki baru Granit, pada November 2014, pelaksanaan Pekerjaan hampir lama berhenti, akibat mengalami hambatan, Cauaca angin Utara, Arus laut yang Deras, ditambah Musim Hujan yang berlangsung. Sejumlah Material, berupa Blog Girder, jembatan yang dibawa dari Jakarta ke Tanjungpinang, juga menjadi kendala,"Adhi.

Guna mengejar ketertinggal, Minus 6 Persen, scedual Progress pelaksanaan, PT.Wika, menyatakan, akan menyebut pelaksanaan Pengerjaan mulai Januari 2015 atau di Tahun kedua Pelaksanaan Kontrak Pekerjaan.

"Dan saat ini, dengan telah siapnya Lima ‎Tiang Boks Girder Jembatan di sisi Tanjungpinang, kami akan mulai melakukan pengecoran lantai Jembatan dan mudah-mudahan sudah siap nantinya diakhir Desember,"ujar Edhi.

Selanjutnya, dari 27 Tiang Bredge Jembatan, saat ini, saat ini, 10 Tiang Pancang sudah selesai dilaksanakan, sedangkan sisanya 17 Tiang Pancang lainya, khusunya dibagian Tengah dan sisi Dompak, akan disiapkan pada 2015 mendatang.

Editor: Redaksi